Webinar Inovasi Pustakawan untuk Indonesia

Karena pandemi COVID-19, Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat nasional 2021 akhirnya ditangguhkan. Format pelaksanaan yang tadinya kompetisi kemudian diubah menjadi pemaparan atau presentasi karya tulis inovasi dari setiap juara pustakawan berprestasi terbaik dari semua provinsi di Indonesia.

Creativity, Action, Service (CAS) Library

Creativity, Action, Service (CAS) adalah sebuah program mandatory dari kurikulum International Baccalaureate (IB) yang diberikan kepada anak-anak kelas 11/12. IB bukan bertujuan membuat CAS sebagai persyaratan kelulusan (dan memperoleh diploma), tapi berharap bahwa anak-anak sungguh merasakan bahwa mereka bisa melakukan sebuah layanan yang nyata membantu masyarakat.

Optimalisasi Perpustakaan dengan Read Aloud

Pustakawan Mendunia diundang oleh Komunitas Read Aloud Malang untuk menjadi pemateri dalam perayaan komunitasnya. Tema yang diajukan adalah bagaimana agar Pegiat Literasi dapat mengoptimalisasi perpustakaannya dengan menggunakan metode Read Aloud.

Tips Membuat Buletin Perpustakaan

Bagaimana menggunakan buletin perpustakaan sebagai strategi pustakawan mempromosikan layanan perpustakaan? Pustakawan Mendunia berbagi tips di sini.

Mengajarkan Apa Itu Inklusi ke Siswa

Inklusi adalah kegiatan mengajar siswa dengan kebutuhan khusus pada kelas reguler. Bagaimana Pustakawan Mendunia menjelaskan apa itu inklusi di sesi perpustakaan?

Lokakarya 1Lib1Ref bersama Pustakawan Mendunia

Pustakawan Mendunia bersama dengan Wikimedia Indonesia mengadakan lokakarya 1lib1ref untuk mengenal lebih jauh 1lib1ref dan bagaimana cara menyunting artikel dan menambahkan referensinya.

Pustakawan sebagai Academic Support

Apa sih bedanya menjadi seorang yang bekerja di bawah kategori Academic Support dengan pekerjaan harian/rutin biasa? Apa saja keahlian yang harus dimiliki seorang Pustakawan yang bertugas sebagai academic support?

Pendidikan Pemustaka

Salah satu program layanan perpustakaan yang wajib ada, yaitu: Pendidikan Pemustaka. Apa itu pendidikan pemustaka? Pendidikan pemustaka adalah sebuah layanan yang diberikan perpustakaan untuk memberi informasi bagi pemustaka (anggota perpustakaan) mengenai layanan dan fasilitas apa yang tersedia di perpustakaan dan bagaimana menggunakannya.

Pelatihan Platform Ebook untuk Pustakawan/Guru

Sering sekali Pustakawan Mendunia mendapat pertanyaan yang sama, seperti di mana bisa mengunduh ebook gratis? Bagaimana caranya? Pertanyaan ini semakin sering diajukan selama pandemi Covid-19.

Memahami Kesehatan Mental dengan Membaca Lantang dan Mendongeng Daring

Anak-anak sangat menikmati eksperimen ini. Pustakawan Mendunia pikir akan sangat bermanfaat jika semakin banyak Pegiat Literasi, Pustakawan, Guru, atau orang tua yang bisa mengetahui manfaat eksperimen ini. Eksperimen metode membaca lantang dan mendongeng daring lah yang kemudian Pustakawan Mendunia kirimkan sebagai materi di dalam AFCC 2021.

Menjadi Pustakawan Tanpa Batas

Yakin, memangnya perpustakaan masih bisa eksis bertahan, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti ini? Pustakawan Mendunia berbagi bagaimana cara menjadi pustakawan tanpa batas.

Selamat Tahun Baru Imlek

Mari Merayakan Perbedaan dengan Literasi

Indonesia adalah negara majemuk dan memiliki banyak suku, agama, kepercayaan yang hidup toleran. Melalui literasi, Pustakawan Mendunia mendorong anak-anak untuk membaca dan merayakan perbedaan.

Berbelanja dengan Uang Bill Gates

Membelanjakan Uang Bill Gates $100,000,000,000,-

Bill Gates menelepon dan mengatakan dia meminta kita membelanjakan uangnya sebesar $100,000,000,000,- untuk membangun perpustakaan di kamp pengungsian. Bagaimana caranya? Bacalah post terbaru kami.

Buku Belajar Bahasa Jawa

Safari Literasi di Jl. Wilis, Kota Malang

Pustakawan Mendunia pergi ke Kota Malang dan saatnya kami melakukan safari literasi & perpustakaan. Berikut catatan keseruan kami mengunjungi lapak buku di Jl. Wilis.

Little Kunoichi

Reading Little Kunoichi, the little ninja girl is like opening the door of our inquiry about ninja and Japan heritage. Is ninja real? Read this post to find out more 😀

Membuat Pathfinder Perpustakaan Sekolah

Apa itu Pathfinder? Bagaimana membuatnya, apakah Pathfinder penting untuk perpustakaan sekolah? Pustakawan Mendunia berbagi pengalaman di sini.

Book vs Ebook

Bagaimana cara Pustakawan Mendunia memperkenalkan ebook kepada anak-anak? Apakah ebook adalah hanya sekadar buku yang ada di dalam komputer?

Winnie the Pooh Story

Who doesn’t love our fluffy kind-hearted friend, Winnie the Pooh? Let’s read the story about him and his friends in Hundred Acre Wood.

Calon Pustakawan Mendunia di Masa Depan

Sebelum meninggalkan Papua di tahun 2018, Pustakawan Mendunia sudah bertekad untuk menemukan penerus semangat ini di Papua. Merekalah calon pustakawan mendunia di masa depan.

QA Pustakawan Mendunia

Q&A Pustakawan Mendunia

Pustakawan Mendunia membuka sesi 30 menit untuk tanya jawab dan peluang berkolaborasi dengan Pegiat Literasi setiap hari Kamis. Sampai jumpa!

Mendunia dengan Membaca

Mendunia dengan Membaca

Mari kita mendunia dengan membaca! Pustakawan Mendunia membahas 3 tokoh sukses yang gemar membaca dan melakukan perubahan yang mendunia 😀

Kindle Voyage

Istimewanya Kindle Voyage

Akhirnya Pustakawan Mendunia memilih istimewanya Kindle Voyage ini dari berbagai pilihan ebook reader device yang ada. Berikut ulasan kami.

Kindle

Kindle, Kobo, atau Nook, Pilih Mana?

Kindle, Kobo, atau Nook, pilih mana? Apakah Pegiat Literasi pernah mendengar nama ebook device reader ini? Berikut ulasan dari Pustakawan Mendunia 🙂

Scribd Unlimited

Kerennya Scribd!

Kerennya Scribd! Apa itu Scribd? Scribd menawarkan sebuah ekosistem pembaca yang bukan hanya bisa membaca tapi juga membuat karya ebook. Berikut ulasan dari Pustakawan Mendunia.

Moon Plus Reader

6 Aplikasi Ebook Reader Terbaik

Pandemik Covid-19 mendorong kita bergerak dan menikmati banyak pilihan ebook untuk dibaca. Berikut rekomendasi 6 aplikasi ebook reader terbaik

Apple Books

Menyerah dengan Apple Books Store Indonesia

Pustakawan Mendunia berbagi pengalaman tidak menyenangkan saat berbelanja ebook di Apple Books Store Indonesia. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi layanan dari Apple Books Indonesia.

Amazon Kindle

Lupa Diri Berbelanja Ebook di Amazon Kindle

Hampir saja Pustakawan Mendunia lupa diri berbelanja ebook di Amazon Kindle. Website ini begitu menggoda untuk dieksplor. Berikut ulasan kami, serunya menjelajah dan berbelanja buku di Amazon Kindle.

Berbelanja Ebook

Beli Ebook di Mana?

Pandemi korona mengubah cara kita menikmati membaca buku dan membelinya. Berikut rekomendasi tempat berbelanja ebook dari Pustakawan Mendunia.

Pustakawan Mendunia bersama dengan Klub Buku Apocalypse

Pustakawan Membaca

Pustakawan Membaca! Betapa giatnya kita mempromosikan kebiasaan membaca, namun, apakah kita sudah membaca? Sebuah catatan refleksi dari Pustakawan Mendunia.

Why Black Lives Matter?

Why black lives matter? Lets learn a brief history of slavery, segregation, and movement against injustice in United States of America.

Little Cloud

See outside your window and try to find the Little Cloud. He might go undercover and changed himself into something you could never guess. Enjoy the story 🙂

Papa Do You Love Me?

Papa, Do You Love Me?

It is great to explore Africa, visit Mara River and to experience how Maasai people express love to their children with this question: Papa, do you love me?

The Exclamation Mark

The Exclamation Mark

Lets read and jump joining the Exclamation Mark who spiced up our words together with the question mark and the full stop. A funny story not to be missed, folks 🙂

Kartu Pengunjung di Perpustakaan Nasional India

Mengunjungi Perpustakaan Nasional India

Selepas dari Thailand, Pustakawan Mendunia melakukan safari literasi dan perpustakaan ke India. Ternyata Perpustakaan Nasional India ada di Kota Kalkuta.

Where the Wild Things are

If you would like to go far away, where are you going to? Do you want to join Max who on his way sailing to where the wild things are? Read our review here.

Pustakawan Mendunia Expression in Storytelling

Sky Color

We are so happy to see how Marisol could overcome the challenge she had: how to color the sky without blue. You could read it in our new post, “Sky Color.”

We’re All Wonders

We’re All Wonders’ book promotes kindness over anything. Pustakawan Mendunia prepared a recorded storytelling session and activities to do.

The Reading Tree

The Giving Tree

Sebagai pustakawan yang gemar membaca, kami juga mempromosikan buku/informasi yang baik dibaca anak. Post pertama kami adalah mengenai buku The Giving Tree 🙂

Isabela dan Junianus Pemenang Lomba Bercerita di Kabupaten Mimika, Propinsi Papua tahun 2016

Melatih Anak (Juara) Senang Mendongeng

Selamat Hari Dongeng Nasional! Di hari spesial ini, pada tanggal 28 November 2019, Pustakawan Mendunia ingin memperingatinya dengan berbagi kisah berhasil melatih anak (juara) senang mendongeng. Selamat mencoba untuk mendongeng hari ini.

Donasi Buku ke Papua

4 Tips Jeli sebelum Memberi Donasi Buku

Memberikan donasi buku bukan sekadar memberi, membungkus, dan mengirimnya saja. Bacalah 4 tips jeli sebelum memberi donasi buku ke Perpustakaan / Taman Bacaan.

Pustakawan Mendunia berjumpa dengan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia

Sayembara Membuat Logo Pustakawan Mendunia

Kirimkan logo Pustakawan Mendunia asli karyamu sendiri, terakhir 2 November 2019. Yuk dibaca post kami sebelum mengikuti sayembara logo pustakawan mendunia.

Belajar Mengelola Perpustakaan Zaman Now

Bersiap mengelola Perpustakaan Zaman Now dengan belajar mengenai 5 prinsip Ilmu Perpustakaan S. R. Ranganathan dan mengusung adicita Pustakawan Mendunia.

Serunya Klub Perpustakaan Kita

Apa itu klub perpustakaan? Klub Perpustakaan saat ini justru dapat menjadi sarana kreatif untuk mempromosikan cinta pada literasi.

10 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Penasaran mau tahu 10 (sepuluh) perpustakaan terbesar di dunia? Mau tahu pengalaman berkunjung ke salah satu perpustakaan tersebut?

Kenapa Kuliah Ilmu Perpustakaan? Aneh tapi Nyata

“Kenapa kuliah Ilmu Perpustakaan?”, pertanyaan ini sudah jadi ‘makanan’ Pustakawan Mendunia yang ditanya orang yang baru berjumpa dan tahu kalau saya pustakawan. Bagi para Pegiat Literasi, mungkin kata “Perpustakaan”, “Pustakawan” atau pun program studi “Ilmu Perpustakaan” sudah menjadi makanan sehari-hari. Tapi bagi banyak orang yang jarang ke perpustakaan kata “Pustakawan” terasa ganjil, terlebih lagi adanya […]

Selamat Datang di Pustakawan Mendunia

Mengenal apa itu Pustakawan Mendunia, sejarah dan visinya untuk dunia. Jadilah Pustakawan yang terus belajar, kreatif, dan menebarkan nilai-nilai kebaikan.