Ebook Gratis, Legal, dan Berbahasa Indonesia untuk Anak

Let's Read Asia.jpg

Pustakawan Mendunia merekomendasikan Let’s Read Asia sebagai pilihan sumber ebook atau buku digital gratis dan terbaik yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Sejarah

Let’s Read Asia dibuat oleh Asia Foundation. Website ini menampung ebook karya para penulis dan ilustrator Asia dan akses diberikan gratis, mudah untuk diakses tanpa perlu login.

Features

Selain memiliki terjemahan dalam Bahasa Inggris, ebook yang ada di sini banyak yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa lokal di Asia. Bukan hanya mencakup ebook dalam Bahasa Indonesia atau bahasa lain di Asia tapi juga bahasa daerah kita: Bahasa Batak Toba, Bahasa Minangkabau, Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Bali. Oleh karena itu, Let’s Read Asia merupakan pilihan portal ebook yang sangat baik untuk menumbuhkan cinta kepada bahasa ibu (mother tongue) di Asia.

Ebook yang ada di Let’s Read Asia juga bisa diunduh dalam bentuk pdf atau epub. Saran kami, jika Pegiat Literasi ada menemukan ebook yang baik, segeralah mengunduh filenya. Karena ebook yang ada di sini tersedia secara gratis namun dengan waktu perjanjian tertentu dengan penulisnya. Jadi, bisa saja ebook yang kebetulan favorit Pegiat Literasi hari ini ada di sana, suatu hari tidak ada lagi di Let’s Read Asia.

Pencarian ebook di Let’s Read Asia dapat dilakukan dengan pendekatan:

  • Bahasa yang dicari
  • Level membaca (My First Book, Level 1, 2, 3, 4, 5)
  • Tag / Subyek (Superhero, Critical Thinking, Science, Adventure, Animals, Arts and Music, Problem Solving, Non-fiction, Nature, Mighty Girls, Health, Funny, Folktales, Community, Family & Friendship)
  • Kata kunci

Let’s Read Asia App

Let’s Read Asia juga sudah tersedia dalam bentuk aplikasi di Playstore Google namun belum ada di Apple Store.

Materi Presentasi

Pustakawan Mendunia sudah menyiapkan Google Slides yang bisa digunakan sebagai bahan presentasi untuk anak-anak. Materi dapat diunduh di sini: PM-Let’s Read Asia. Cara menggunakan Let’s Read Asia ini sangat mudah, bahkan kami sudah mencobanya di Sesi Perpustakaan Kelas 1 SD. Dengan arahan, semua anak-anak Kelas 1 SD bisa membuka Let’s Read Asia dan membaca ebook pilihannya sendiri.

Para guru juga bisa melakukan sharing screen dan membaca buku bersama para siswa, dan orang tua juga bisa membaca buku bersama dengan anak-anak.

Selamat mencoba membaca di Let’s Read Asia 😀

Baca juga:

Mengenalkan Cerita Rakyat (Folklore) kepada Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *