Membuat Pathfinder Perpustakaan Sekolah

Apa itu Pathfinder? Mungkin ini pertama kalinya Pegiat Literasi mendengar istilah ini.

Berdasarkan Kamus Merriam-Webster Pathfinder adalah seseorang atau benda yang menemukan jalan. Dalam Ilmu Perpustakaan, Pathfinder adalah alat panduan yang dibuat Pustakawan untuk menunjukkan resources perpustakaan yang spesifik pada topik tertentu.

Definisi Pathfinder dari Kamus Merriam-Webster

Lantas apa bedanya Pathfinder dengan sistem otomasi yang selama ini sudah ada di perpustakaan kita? Memangnya pengunjung perpustakaan tidak bisa masuk ke dalam sistem perpustakaan dan mencari sendiri sumber yang dia butuhkan?

Pathfinder sengaja dibuat Pustakawan untuk memudahkan pengunjung perpustakaan yang mencari topik tertentu. Biasanya topik ini berulang kali diminta oleh banyak pengunjung perpustakaan. Untuk memudahkan pengunjung perpustakaan yang mencari topik ini, dan menghemat waktu, Pustakawan yang akan bekerja untuk menyusun sumber / resources apa saja yang dimiliki perpustakaan dan mencakup topik yang diminta.

Resources yang dibuat daftarnya dalam Pathfinder, tidak semata berupa buku tercetak. Intinya Pathfinder mencakup dalam pelbagai format dengan topik yang diminta. Termasuk format elektronik dan online resources juga dapat dimasukkan ke dalam Pathfinder.

Namun demikian, tidak semua topik / subyek perlu dibuat pathfindernya. Pilihlah topik yang paling sering diminta pengunjung perpustakaan. Mengingat untuk mengerjakan Pathfinder dibutuhkan jam kerja yang cukup menguras waktu. Mengerjakan Pathfinder bukan hanya membuatnya di dalam sebuah daftar tapi juga membuatnya menarik untuk dibaca, mudah dipahami, dan digunakan.

Perlukah Membuat Pathfinder di Perpustakaan Sekolah?

The Pathfinder

Sesungguhnya Pathfinder sangat umum digunakan di perpustakaan universitas & pusat penelitian, atau di perpustakaan khusus. Namun demikian, Pustakawan Mendunia selalu mawas diri melihat apa kebutuhan pengunjung perpustakaan kami. Apakah penting membuat Pathfinder Perpustakaan Sekolah?

Mendukung Resources untuk PYP Exhibition

Kurikulum tempat Pustakawan Mendunia bekerja menggunakan International Baccalaureate. Pada akhir program Primary kami, siswa kelas 5 SD akan diminta untuk mengerjakan project akhir yang disebut dengan PYP (Primary Years Programme) Exhibition. Setiap anak akan memilih suatu topik untuk dikembangkan dalam proyek akhirnya dan mengerjakan proyek itu secara mandiri di bawah arahan mentornya.

Setiap anak bebas memilih topik apapun, dan bisa saja satu anak memilih satu topik, atau beberapa anak memilih topik yang sama. Mengingat saat ini terjadi Pandemi Covid-19, akses anak-anak berkunjung ke perpustakaan tentu tidak semudah dahulu. Perpustakaan tetap mendukung dengan memberikan akses masuk ke dalam perpustakaan kami secara online. Anak-anak bisa login ke dalam sistem perpustakaan kami, mengecek dan memesan buku yang mereka butuhkan, dan mengambil / mengembalikan buku menggunakan GoSend.

Pustakawan Mendunia juga melihat Pandemi Covid-19 adalah kesempatan untuk memperkenalkan online resources yang aman untuk diakses anak-anak. Tahun ini terdapat 20 topik terpilih untuk PYP Exhibition : Animals, Arts, Dreams, Education, Food, Games, Global Warming, Health, History, KPop, Nature, Peace, Teamwork, Technology, Travel, Religion, Robots, Sports, United Nations, dan War. Pustakawan Mendunia mengurasi buku-buku apa yang dimiliki perpustakaan dan mencakup topik-topik ini. Selain itu, Pustakawan Mendunia juga mencari online resource apa saja yang mencakup topik ini, aman dan mudah dipahami untuk anak-anak.

Pustakawan Mendunia mengerjakan Pathfinder ini menggunakan program Pages. Selain program Pages, Pegiat Literasi juga bisa menggunakan Ms. Publisher, Adobe Indesign, atau bahkan Ms. Word. Pegiat Literasi dapat memilih program mana yang lebih mudah atau familiar digunakan.

Pendidikan Pengguna

Setelah Pathfinder digunakan, tentu tidak cukup hanya sekadar mengirimkannya ke email anak-anak. Pustakawan Mendunia melakukan simulasi bagaimana menggunakan Pathfinder kepada anak-anak di sesi perpustakaan kami. Bukan lagi Pustakawan Mendunia yang melakukannya, tapi kami meminta anak yang mendownload Pathfinder, melakukan sharing screen kepada yang lain dan mencobanya.

Mengapa Pathfinder Penting untuk Anak?

Pathfinder dalam Berbagai Format (Tercetak & Online)

Pustakawan Mendunia berpikir bahwa Pathfinder sangat membantu anak-anak menemukan resources yang mereka butuhkan, khususnya dalam topik PYP Exhibition mereka. Anak-anak dapat langsung menemukan buku apa ataupun online resources yang cocok dengan topik mereka, juga aman untuk mereka baca dan gunakan.

Maklum, mencari informasi di Google untuk anak-anak rasanya seperti melepas mereka ke rimba belantara. Banyak bahaya mengancam di sana jika mereka tidak kita perlengkapi dengan baik.

Pegiat Literasi dapat mendownload sample Pathfinder yang sudah kami kerjakan pada link ini.

Selamat mencoba membuat Pathfinder perpustakaan sekolah kita 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *