Pustakawan Kreatif

Pustakawan Kreatif Mendongeng bersama Anak-anak di Perpustakaan Sekolah di Propinsi Papua, Indonesia

Selain belajar, menjadi Pustakawan Mendunia juga berarti kita Pegiat Literasi berpikir out of the box. Jadilah orang yang alergi dengan kata “Gak bisa.” Percayalah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Jadilah pustakawan yang kreatif!

Kemudian, apa yang dimaksud dengan kreatif? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi kreatif adalah:

  1. adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
  2. bersifat (mengandung) daya cipta

Apakah Pegiat Literasi adalah orang yang tercebur tidak sengaja di dalam dunia buku, literasi, perpustakaan, atau taman bacaan? Jangan khawatir, kalian tidak sendirian! Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kita eksplor.

Bicara tentang perpustakaan, perpustakaan bukanlah sebagai tempat penyimpanan buku semata tapi merupakan sebuah tempat berkegiatan untuk komunitas.

Keberadaan perpustakaan sebagai lembaga non-profit, netral, dan mampu mengayomi pengunjung / pengguna perpustakaan, lepas dari kepentingan politik dan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Oleh karena itu, kata “Gak bisa” sudah gak zamannya lagi untuk dipakai sekarang ini. Penggunaan kalimat ini terasa sudah usang jika dibandingkan dengan manfaat luhur dan keberadaan Perpustakaan yang mampu menyentuh hidup generasi bangsa di masa depan.

Pustakawan Mendunia berbagi kisah, tips, dan trik kreativitas untuk meningkatkan minat baca yang sekiranya dapat menginspirasi Pegiat Literasi menjadi Pustakawan Mendunia yang kreatif.

Selamat Tahun Baru Imlek
Mari Merayakan Perbedaan dengan Literasi

Indonesia adalah negara majemuk dan memiliki banyak suku, agama, kepercayaan yang hidup toleran. Melalui literasi, Pustakawan Mendunia mendorong anak-anak untuk membaca dan merayakan perbedaan.

Berbelanja dengan Uang Bill Gates
Membelanjakan Uang Bill Gates $100,000,000,000,-

Bill Gates menelepon dan mengatakan dia meminta kita membelanjakan uangnya sebesar $100,000,000,000,- untuk membangun perpustakaan di kamp pengungsian. Bagaimana caranya? Bacalah post terbaru kami.

Get EPIC!
Ebook Gratis, Legal, dan Berbahasa Inggris untuk Anak

Get Epic adalah rekomendasi terbaik kami untuk membaca ebook anak yang interaktif, gratis dan legal dalam Bahasa Inggris.

Let's Read Asia.jpg
Ebook Gratis, Legal, dan Berbahasa Indonesia untuk Anak

Let’s Read Asia adalah rekomendasi terbaik kami untuk membaca ebook anak gratis, legal, berbahasa Indonesia dan bahasa daerah lainnya.

Saatnya Membaca Zaman Now
Membaca Ebook Gratis dan Legal untuk Anak

Berikut rekomendasi Pustakawan Mendunia mengenai resources membaca ebook / buku digital untuk anak gratis dan legal. Selamat membaca!

Little Kunoichi

Reading Little Kunoichi, the little ninja girl is like opening the door of our inquiry about ninja and Japan heritage. Is ninja real? Read this post to find out more πŸ˜€

Membuat Pathfinder Perpustakaan Sekolah

Apa itu Pathfinder? Bagaimana membuatnya, apakah Pathfinder penting untuk perpustakaan sekolah? Pustakawan Mendunia berbagi pengalaman di sini.

Mengenalkan Cerita Rakyat (Folklore) kepada Anak

Pustakawan Mendunia membaca cerita rakyat bersama anak-anak menggunakan metode See, Think, dan Wonder. Berikut tipsnya πŸ™‚

Mengapa Siswa Perlu Menyalakan Kamera pada Sesi Belajar Daring?

Siswa harus menyalakan kameranya saat sesi belajar daring karena itu adalah peraturan sekolah. Memangnya itu penting ya? Pustakawan Mendunia mengulasnya secara lengkap dengan siswa/i kelas 5 SD.

Cara Membuat Game Kahoot untuk Sesi Perpustakaan

Game Kahoot ini adalah treat yang diberikan Pustakawan Mendunia setiap kali kami selesai membaca sebuah buku di sesi perpustakaan. Berikut tips dari kami πŸ™‚

Book vs Ebook

Bagaimana cara Pustakawan Mendunia memperkenalkan ebook kepada anak-anak? Apakah ebook adalah hanya sekadar buku yang ada di dalam komputer?

Kunjungan Virtual ke Perpustakaan Kota New York

Pustakawan Mendunia melakukan kunjungan virtual ke Perpustakaan Kota New York bersama anak-anak kelas 2 SD. Seperti apa perjalanannya? Yuk kita ikuti πŸ˜€

Metode See, Think, dan Wonder Ketika Membaca Buku

Berikut 6 tips dari Pustakawan Mendunia melakukan Metode See, Think, dan Wonder dapat dilakukan baik secara tata muka maupun daring. Selamat membaca πŸ™‚

Membaca Buku Seru pada Pandemi Covid-19

Ternyata kita tetap loh bisa membaca buku seru di sesi perpustakaan sekolah sekalipun pada pandemi Covid-19. Bagaimana caranya?

QA Pustakawan Mendunia
Q&A Pustakawan Mendunia

Pustakawan Mendunia membuka sesi 30 menit untuk tanya jawab dan peluang berkolaborasi dengan Pegiat Literasi setiap hari Kamis. Sampai jumpa!

Kindle Voyage
Istimewanya Kindle Voyage

Akhirnya Pustakawan Mendunia memilih istimewanya Kindle Voyage ini dari berbagai pilihan ebook reader device yang ada. Berikut ulasan kami.

Moon Plus Reader
6 Aplikasi Ebook Reader Terbaik

Pandemik Covid-19 mendorong kita bergerak dan menikmati banyak pilihan ebook untuk dibaca. Berikut rekomendasi 6 aplikasi ebook reader terbaik

Berbelanja Ebook
Beli Ebook di Mana?

Pandemi korona mengubah cara kita menikmati membaca buku dan membelinya. Berikut rekomendasi tempat berbelanja ebook dari Pustakawan Mendunia.

Pustakawan Mendunia bersama dengan Klub Buku Apocalypse
Pustakawan Membaca

Pustakawan Membaca! Betapa giatnya kita mempromosikan kebiasaan membaca, namun, apakah kita sudah membaca? Sebuah catatan refleksi dari Pustakawan Mendunia.

Pustakawan Mendunia sedang Berdiskusi dengan Anak-Anak
6 Tips Efektif Membuat Survei Minat Membaca Anak

Apa saja kelebihan survei online dan bagaimana membuatnya? Pustakawan Mendunia berbagi 6 tips efektif melakukan survei minat membaca anak.

Buku Elektronik Frankenstein
7 Tips Memilih Ebook / Buku Mendongeng yang Menarik

Pilih mana untuk materi mendongeng kita, ebook atau buku tercetak? Bacalah 7 tips memilih ebook/buku yang menarik untuk mendongeng dari Pustakawan Mendunia.

Astro Smurf
Trik Mendongeng Online di Era Pandemi Covid-19

Mendongeng dengan buku sudah biasa kita lakukan. Lantas apa yang harus Pegiat Literasi lakukan di era pandemi covid 19 ini? Apa saja trik mendongeng online?

Hey There The Guardians of The Library
Hari Pertama Masuk Sekolah di Masa Pandemi Korona

“Nothing can’t stop us from learning, not even Corona.” Ini merupakan pesan pokok Pustakawan Mendunia pada hari pertama masuk sekolah di masa pandemi korona, Covid-19.

Goodnight Spaceman
Goodnight Spaceman: The First Ever Bedtime Story Recorded in Space!

Lets hop to our rocket of dream and blast off with our book Goodnight Spaceman! The first ever bedtime story recorded in space.

Little Cloud

See outside your window and try to find the Little Cloud. He might go undercover and changed himself into something you could never guess. Enjoy the story πŸ™‚

Rainbow Fish and The Big Blue Whale

Lets go deep under the water and have adventure with Rainbow Fish and his friends meeting The Big Blue Whale. Be careful of him!

Papa Do You Love Me?
Papa, Do You Love Me?

It is great to explore Africa, visit Mara River and to experience how Maasai people express love to their children with this question: Papa, do you love me?

The Exclamation Mark
The Exclamation Mark

Lets read and jump joining the Exclamation Mark who spiced up our words together with the question mark and the full stop. A funny story not to be missed, folks πŸ™‚

Where the Wild Things are

If you would like to go far away, where are you going to? Do you want to join Max who on his way sailing to where the wild things are? Read our review here.

Pustakawan Mendunia Expression in Storytelling
Sky Color

We are so happy to see how Marisol could overcome the challenge she had: how to color the sky without blue. You could read it in our new post, “Sky Color.”

We’re All Wonders

We’re All Wonders’ book promotes kindness over anything. Pustakawan Mendunia prepared a recorded storytelling session and activities to do.

Welcome to Your First Day of Classroom
3 Tips Jitu Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemik Virus Korona tidak membuat kita menyerah. Saatnya Pustakawan Mendunia terus belajar dan berbagi tips persiapan pembelajaran jarak jauh/online kita.

4 Cara Perpustakaan Melawan Virus Korona di Sekolah

Tahukah Pegiat Literasi bahwa perpustakaan mampu melawan Virus Korona? Kita mampu menjadi agen perubahan. Tidak percaya? Bacalah 4 tips berikut ini.

The Reading Tree
The Giving Tree

Sebagai pustakawan yang gemar membaca, kami juga mempromosikan buku/informasi yang baik dibaca anak. Post pertama kami adalah mengenai buku The Giving Tree πŸ™‚

Kavin (Jo) Trikittiwong
Oase Seni di Chiang Mai, Thailand, The Meeting Room Art Gallery

Bacalah safari literasi Pustakawan Mendunia menemukan sebuah oase seni tersembunyi di Chiang Mai, Thailand. Literasi memerdekakan kita.

Pustakawan Mendunia di Depan National Library of Thailand
Berkunjung ke National Library of Thailand

Safari Perpustakaan kami lanjutkan ke National Library of Thailand di Bangkok. Seperti apa sih serunya kunjungan Pustakawan Mendunia kali ini?

Neilson Hays Library
Jatuh Cinta kepada Neilson Hays Library, Bangkok, Thailand

Jelang hari kasih sayang, bacalah kisah Pustakawan Mendunia yang mengalami jatuh cinta (lagi) saat berkunjung ke Neilson Hays Library di Bangkok, Thailand.

Ferry Wamuni Memegang Poster Peraturan Perpustakaan yang Dia Buat Sendiri
Sosialisasi (Kembali) Peraturan Perpustakaan Kita di Awal Tahun 2020

Bacalah tips sukses Pustakawan Mendunia memulai tahun baru ini dengan sosialisasi (mengingat kembali) peraturan perpustakaan kepada pengunjung kami.

Isabela dan Junianus Pemenang Lomba Bercerita di Kabupaten Mimika, Propinsi Papua tahun 2016
Melatih Anak (Juara) Senang Mendongeng

Selamat Hari Dongeng Nasional! Di hari spesial ini, pada tanggal 28 November 2019, Pustakawan Mendunia ingin memperingatinya dengan berbagi kisah berhasil melatih anak (juara) senang mendongeng. Selam…

Pemenang Sayembara Logo Pustakawan Mendunia

Nah, ini dia logo baru Pustakawan Mendunia dan Pemenang sayembara Logo Pustakawan Mendunia adalah…

International School Library Month
4 Tips Ampuh Membuat Tema Kreatif untuk Perpustakaan Kita

Bingung mau buat kegiatan apa di perpustakaan kita? Pegiat Literasi dapat membaca 4 tips membuat tema kreatif di perpustakaan kita di sini..

Menjadi Pustakawan Mendunia yang Kreatif
8 Tips Mengelola Sesi Perpustakaan (Library Session) yang Asyik dan Kreatif di Sekolah

Apa itu sesi perpustakaan/library session di sekolah? Apa bedanya dengan Gerakan Literasi Sekolah? Bagaimana membuat sesi perpustakaan yang seru dan asyik?

Pustakawan Mendunia berjumpa dengan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia
Sayembara Membuat Logo Pustakawan Mendunia

Kirimkan logo Pustakawan Mendunia asli karyamu sendiri, terakhir 2 November 2019. Yuk dibaca post kami sebelum mengikuti sayembara logo pustakawan mendunia.

4 Tips Mudah Membuat Ilustrasi Tokoh Cerita dari Buku

Tidak bisa menggambar tapi kepepet harus membuat lembar mewarnai ilustrasi gambar tokoh cerita untuk kegiatan literasi? Yuks baca tipsnya di sini.

9 Ide Kreatif Merancang Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan di Sekolah

Bingung mau buat acara/event apa di Perpustakaan/Taman Bacaan? Yuk baca 9 tips ide kreatif mengadakan Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan berikut ini.

Hari Bersejarah & Hari Penting Literasi dan Perpustakaan di Indonesia

Tulisan inspiratif menjawab kapan waktu yang tepat untuk merayakan hari-hari penting terkait literasi dan perpustakaan / taman bacaanmu.

Serunya Klub Perpustakaan Kita

Apa itu klub perpustakaan? Klub Perpustakaan saat ini justru dapat menjadi sarana kreatif untuk mempromosikan cinta pada literasi.

β€œWhen you undervalue what you do, the world will undervalue who you are.”

Oprah Winfrey