Berbelanja di E-Sentral, Portal Ebook Malaysia

Berbelanja Ebook di E-Sentral, Malaysia
Berbelanja Ebook di E-Sentral, Malaysia

Berbelanja di E-Sentral, Pasar E-Book Malaysia memberi perspektif baru bagi Pustakawan Mendunia. Ternyata, Malaysia lebih siap daripada kita di Indonesia. Banyak toko buku di Indonesia yang menjual ebooknya secara eceran. Misalnya Gramedia Pustaka Utama hanya menjual terbitan ebooknya di websitenya. Begitu juga Books & Beyond Indonesia yang koleksi ebooknya campur aduk dengan yang printed. Demikian pula dengan Kinokuniya Indonesia dan Periplus Indonesia.

Terus terang, berbelanja ebook di pasar Indonesia ini sangat memusingkan bagi Pustakawan Mendunia. Karena kita tidak memiliki satu portal aman untuk pembeli ebook yang berjejaring dengan toko buku internasional. Padahal kebutuhan orang yang biasa membaca ebook (baik karena alasan efesiensi atau kebutuhan), mereka biasanya banyak membutuhkan ebook dalam Bahasa Inggris. Pasar buku ebook Indonesia belum terlalu baik dikelola oleh penerbit buku kita.

Oleh karena itu, ketika Pustakawan Mendunia berburu buku Inheritance (Baca juga: Beli Ebook di Mana?), kami terkejut ketika tiba di website E-Sentral portal khusus penjual ebook dari Malaysia. Jejaring mereka sudah sampai di distribusi buku internasional karena kami menemukan link E-Sentral dari portal distribusi ebook Singapura, Faris Book.

Ada beberapa hal positif yang Pustakawan Mendunia apresiasi dari keberadaan E-Sentral sebagai portal ebook yang lengkap dari Malaysia :

  • Eksosistem Ebook Reading
  • Menyediakan Pilihan Novel dalam Bahasa Indonesia
  • Menyediakan Ebook Gratis
  • Harganya Ebooknya Terjangkau
  • Menyediakan Berbagai Pilihan Pembayaran (Malaysian Transaction Only)

Ekosistem Ebook Reading

E-Sentral didirikan oleh XM (Xentral Methods) dan menghadirkan ekosistem e-book reading secara lengkap. Kantor pusat XM yang berlokasi di Selangor Malaysia ini bukan hanya merintis portal pembelian ebook di E-Sentral, tapi juga menghadirkan produk yang mendukung ekosistem ebook XM, yaitu:

  • ELIB (support sistem perpustakaan digital untuk peminjaman ebook di sekolah, universitas, atau perpustakaan umum)
  • e-Studio (support management ebook dan data digital untuk keperluan kinerja di kantor)
  • eBook Beacon (support memberikan layanan rah majalah virtual / online di tempat keramaian seperti lobby hotel, ruang tunggu, kafe dan rumah makan)

Manajemen ekosistem ebook yang baik akan mengembangkan dan saling menguatkan pasar produk yang dijual XM. Relajar dari apa yang dilakukan Amazon dengan Kindle, Pustakawan Mendunia pikir, apa yang dilakukan XM sangatlah inovatif untuk pasar di Asia Tenggara.

Menyediakan Pilihan Novel dalam Bahasa Indonesia

Menarik untuk dilihat bahwa E-Sentral menganggap pasar ebook Indonesia cukup menjual di Malaysia dan Asia Tenggara. Secara khusus mereka membuat kategori “Indonesian Novels” pada website E-Sentral. Ada buku-buku yang memang ditulis oleh penulis Indonesia, juga ada buku-buku yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia.

Sampai saat tulisan ini dibuat, tercatat ada 582 judul ebook yang ditawarkan E-Sentral. Jika Pegiat Literasi kesulitan menemukan sebuah ebook dalam Bahasa Indonesia, E-Sentral bisa menjadi alternatif baik.

Menyediakan Ebook Gratis

Seperti yang dilakukan oleh Apple Store dan Google Play Books Shop (Baca juga: Menyerah dengan Apple Books Store Indonesia dan Mudahnya Berbelanja Ebook di Google Play Books Shop), E-Sentral juga memberikan ebook gratis. Memang pilihannya tidak sebanyak Google Play Books Shop, tapi paling tidak ebook yang diberikan masih terbitan baru.

Harga Ebooknya Terjangkau

Berbahagialah Pegiat Literasi yang tinggal di Indonesia, karena niai tukar Konversi Rupiah ke Ringgit Malaysia sangat bersahabat. Harga ebook di E-Sentral mulai dari RM 6 yang kalau dikonversi ke Rupiah menjadi sekitar Rp 20.000,-

Selain itu, E-Sentral juga mendukung pertumbuhan penerbitan independen dan menjual ebook ini di website E-Sentral. Alhasil, harga jual ebook bisa ditekan, menjadi jauh lebih murah daripada ebook dari penerbit mainstream.

Menyediakan Berbagai Pilihan Pembayaran (Malaysian Transaction Only)

Metode Pembayaran ESentral Ebook Malaysia.
Metode Pembayaran E-Sentral Ebook Malaysia.jpg

Pada bagian inilah yang agak tricky bagi Pegiat Literasi yang tinggal di Indonesia. Sekalipun pangsa pasar E-Sentral adalah Asia Tenggara (prioritas Indonesia, Singapura, dan Brunei Darussalam), mereka belum menyediakan pilihan pembayaran untuk kita yang tinggal di luar Malaysia.

Oleh karena itu, sekalipun Pustakawan Mendunia berhasil menemukan ebook yang dicari di sini, kami tidak dapat melakukan pembelian. Untuk mengakali hal ini, Pegiat Literasi dapat meminta bantuan saudara atau sahabat di Malaysia untuk membantu melakukan transaksi pembayaran.

Inovasi Pertama di Asia Tenggara

Pustakawan Mendunia menganggap apa yang dilakukan XM melalui E-Sentral dan produk turunannya sangatlah baik. Indonesia merupakan potensi pasar yang sangat besar di Asia Tenggara, dan XM sudah mencuri start dibandingkan negara-negara tetangganya.

Besar harapan Pustakawan Mendunia, Indonesia dapat terus belajar dan bisa terus bergegas membangun industri ebook kita sebelum disalip Google, XM, atau kompetitor lainnya. Sementara itu, ternyata berbelanja di E-Sentral, Portal Ebook Malaysia memberikan alternatif baik untuk pencinta ebook Asia Tenggara.

Terima kasih E-Sentral!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments