Mengenalkan Cerita Rakyat (Folklore) kepada Anak

Mengapa kita perlu mengenalkan cerita rakyat kepada anak-anak? Cerita rakyat menceritakan mengenai sejarah dan keberadaan kita, budaya tutur dari nenek moyang yang diwariskan kepada kita dan generasi masa depan. “Mengapa,” dan “Bagaimana,” merupakan dua pertanyaan yang sulit dicari dan dibuktikan jawabannya melalui percobaan laboratorium di masa lalu. Sejak zaman purba, nenek moyang sudah memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan jawaban atas misteri dunia yang mereka lihat saat itu tersampaikan melalui cerita rakyat.

Pustakawan Mendunia memberikan sesi membaca buku cerita rakyat, tentu kisah itu tidak akan berhenti hanya sekadar membaca dan selesai begitu saja. Saatnya memancing rasa ingin tahu anak menggunakan Metode See, Think dan Wonder. (Baca juga: Metode See Think, dan Wonder Ketika Membaca Buku). Berikut yang Pustakawan Mendunia lakukan pada sesi perpustakaan di sekolah kami:

  1. Membaca Bukunya
  2. Mengenal Daerah dan Budaya Cerita Rakyat Tersebut
  3. Hubungan Cerita Rakyat dengan Keadaan Saat Ini dan Masa Depan
  4. Mempromosikan Buku Perpustakaan Lainnya

1. Membaca Bukunya

Cerita Rakyat dari Papua, Kweiya

Supaya terarah, Pustakawan Mendunia memilih satu buku cerita rakyat dalam format elektronik dari Let’s Read Asia yang berjudul Kweiya. Ini juga merupakan salah satu cara Pustakawan Mendunia mempromosikan online resource kepada anak-anak. Cerita Rakyat ini berkisah mengenai asal usul burung Cenderawasih.

Anak-anak membaca buku ini bergantian menggunakan metode See, Think, dan Wonder.

2. Mengenal Daerah dan Budaya Cerita Rakyat Tersebut

Buku ini dihiasi dengan ilustrasi kontekstual Papua, seperti Kweiya bayi yang ditemukan Ibunya di dalam buah merah, rumah honai di tengah hutan, dan masyarakat yang masih mengenakan pakaian tradisional Papua. Anak-anak dijelaskan bahwa di masa lalu, ratusan tahun yang lalu, masyarakat tinggal sangat dekat dengan alam dan belum ada listrik, apalagi handphone dan sinyal internet atau wifi.

Burung Cenderawasih dalam bahasa Inggris dipanggil dengan nama Bird of Paradise. Apa yang membuat burung ini begitu istimewa bahkan sampai ada cerita rakyatnya?

3. Hubungan Cerita Rakyat dengan Keadaan Saat Ini dan Masa Depan

Burung Cenderawasih

Video Proyek Burung Cenderawasih dari Universitas Cornell, Amerika Serikat

Video ini menunjukkan keelokan Burung Cenderawasih. Mereka adalah burung yang bisa menari dan memiliki bulu yang indah. Mereka hanya satu-satunya dari Papua. Tidak ada di daerah lain. Ini juga yang menyebabkan cerita rakyat asal usul Cenderawasih di Indonesia hanya akan berasal dari Propinsi Papua, tidak dari propinsi lain.

Keindahan Burung Cenderawasih kemudian menjadi kebanggaan Papua dan Indonesia. Pada zaman dahulu topi atau mahkota yang terbuat dari Burung Cenderawasih hanya dimiliki oleh Pimpinan Adat Papua. Namun sekarang, banyak orang yang berlomba-lomba berbelanja membeli topi dengan hiasan kepala dari Burung Cenderawasih. Tempat hidup Burung Cenderawasih semakin tersingkir karena pemukiman manusia, sementara banyak pula yang memburunya. Keberadaan Burung Cenderawasih di Bambang kepunahan. UU No 5 Tahun 1990 dan PP No 7 Tahun 1999 sudah ada untuk melindungi Burung Cenderawasih.

Apakah itu sudah cukup? Apa yang bisa kita lakukan?

Buah Merah

Pustakawan Mendunia juga memancing anak-anak dengan pertanyaan dan observasi mengenai buah merah.

Buah Merah dari Papua

Seperti yang diceritakan di dalam buku Kweiya, Kweiya saat bayi ditemukan di dalam buah merah. Sejak zaman dahulu buah ini sudah dianggap penting di Papua dan diceritakan di dalam cerita rakyatnya. Sama seperti Burung Cenderawasih, Buah Merah juga tidak ditemukan di propinsi lain di Indonesia.

Saat ini Buah Merah masih diteliti mengenai manfaatnya untuk kesehatan. Ini merupakan tantangan untuk penemuan obat di masa depan. Pustakawan Mendunia mengajak anak-anak untuk berefleksi bahwa bisa saja ada sebuah kekayaan tersembunyi dari nenek moyang kita yang diberikan melalui cerita rakyat. Mungkin saat ini kita belum tahu apa itu, tapi terbuka eksplorasi, riset atau penelitian untuk membuktikannya di masa depan.

4. Mempromosikan Buku Perpustakaan Lainnya

Tentu setelah rangkaian sesi perpustakaan selesai, Pustakawan Mendunia kemudian mempromosikan koleksi buku lainnya yang dimiliki perpustakaan. Pustakawan Mendunia menunjukkan buku-buku cerita rakyat yang kami miliki baik dari Indonesia dan luar negeri. Juga termasuk buku koleksi tentang satwa dan Papua. Anak-anak dapat meminjam buku-buku tersebut untuk dibawa pulang.

Membaca Cerita Rakyat Berarti Mengenal Diri Kita dan Orang Lain

Membaca cerita rakyat artinya kita mengenal siapa diri kita. Sangatlah penting anak-anak memahami apa yang membuat cerita rakyat istimewa daripada buku cerita pada umumnya. Setiap daerah di dunia memiliki kekayaannya masing-masing. Cerita rakyat dari mana asalnya beras atau nasi bisa jadi kita temukan bukan hanya di Pulau Jawa, Indonesia tetapi juga di belahan dunia lain yang juga makanan pokoknya adalah nasi.

Akan lebih mudah bagi kita untuk menghargai perbedaan di antara amat manusia. Bukankah ini tujuan kita semua, pendidikan untuk kedamaian dunia?

Selamat mengenalkan cerita rakyat / folklore kepada anak-anak 😀

Baca juga:

Ebook Gratis, Legal, dan Berbahasa Indonesia untuk Anak

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments