10 Perpustakaan Terbesar di Dunia

Stasiun MRT Perpustakaan Nasional Republik Rakyat Cina

Apa saja 10 perpustakaan terbesar di dunia? Apakah berarti ini hanyalah perpustakaan yang memiliki bangunan paling besar saja? Biasanya perpustakaan yang besar mencerminkan banyaknya jumlah koleksi perpustakaan yang ada di dalamnya.

Maka, berdasarkan statistik perpustakaan yang diterbitkan tahun 2017 berikut adalah 10 (sepuluh) perpustakaan dengan jumlah koleksi terbesar di dunia :

PeringkatNama PerpustakaanLokasiJumlah Koleksi
1Library of CongressWashington DC, Amerika Serikat162 juta
2The British LibraryLondon, Inggris150 juta
3Library and Archives CanadaOttawa, Kanada54 juta
4New York Public LibraryNew York, Amerika Serikat53 juta
5Russian State LibraryMoscow, Rusia44 juta
6Bibliothรจque Nationale de FranceParis, Perancis40 juta
7National Library of RussiaSt Petersburg37 juta
8National Diet LibraryKyoto/Tokyo, Jepang36 juta
9Royal Danish LibraryKopenhagen, Denmark35 juta
10National Library of ChinaBeijing, Republik Rakyat Cina34 juta

Berkunjung ke Perpustakaan Terbesar di Dunia

Seru ya! Tidakkah pegiat literasi ingin datang berkunjung dan menikmati fasilitas di perpustakaan terbaik ini? Kebanyakan pemegang rekor perpustakaan dengan jumlah buku terbanyak ini adalah perpustakaan nasional milik suatu negara. Hanya New York Public Library dan Russian State Library yang merupakan perpustakaan daerah.

Amerika Serikat punya 2 perpustakaan dengan jumlah koleksi terbesar yaitu Library of Congress dan New York Public Library. Jumlah koleksi yang sangat banyak ini tentu didukung dengan bangunan perpustakaan yang megah untuk menampung koleksinya.

Rusia juga punya 2 perpustakaan dengan jumlah koleksi terbanyak di dunia, yaitu di Russian State Library dan National Library of Russia. Jika pegiat pustaka memiliki kesempatan mengunjungi Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Rusia, Perancis, Jepang, Denmark, dan Cina, usahakanlah untuk mengunjungi juga perpustakaan nasionalnya.

Berkunjung ke Perpustakaan Nasional Republik Rakyat Cina

Pustakawan Mendunia pernah berkunjung ke Perpustakaan Nasional (National Library of China) di Beijing pada tahun 2013. Perpustakaannya sangat nyaman, luas, dan memiliki desain gedung perpustakaan yang sangat unik. Pada siang hari, atap perpustakaan menggunakan material tembus pandang. Menjelang sore atau ketika cuaca temaram, atap akan tertutup dan lampu akan dinyalakan.

Membaca Buku dengan Penerangan Alami (Sinar Matahari) di Perpustakaan Nasional Republik Rakyat Cina

Mengapa negara-negara maju ini menganggap penting untuk menyimpan begitu banyak koleksi di perpustakaan nasional mereka? Ini akan Pustakawan Mendunia jelaskan di post kami yang berikutnya ๐Ÿ™‚

Sumber :

Cock-Starkey, Claire. A library miscellany. Oxford : University of Oxford, 2018. Print.

1
Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] 10 Perpustakaan Terbesar di Dunia […]

%d blogger menyukai ini: