Saatnya Update Diri Menjadi Pustakawan Zaman Now

Serunya Kemajuan Literasi dan Perpustakaan di Thailand

Pustakawan Mendunia sedang Membaca di Neilson Hays Library
Pustakawan Mendunia sedang Membaca di Neilson Hays Library, Bangkok, Thailand

Pustakawan Mendunia beruntung sekali memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Thailand pada bulan Desember 2019. Kesempatan berharga itu kami gunakan tentunya untuk melakukan safari literasi dan perpustakaan di Thailand, khususnya di dua kota ini: Bangkok (ibukota Thailand) dan Chiang Mai (kota kedua terbesar di Thailand).

Surat Kabar Thailand
Surat kabar Thailand

Media tercetak ternyata masih banyak menjadi pilihan informasi bagi masyarakat di Thailand. Ini terlihat masih ditemukannya penjual koran di persimpangan strategis di sudut kota. Dibandingkan dengan keadaan di Jakarta dan Batam yang saat ini sangat langka berjumpa kios penjual koran / majalah.

Selain itu, terlihat geliat Thailand untuk menumbuhkan wawasan dan minat baca, khususnya pada bahan bacaan bahasa Inggris. Pustakawan Mendunia menemukan beberapa surat kabar di Bangkok yang tercetak dalam bahasa Inggris. Melihat Thailand yang giat belajar dan membaca, terasa geliat bangsa ini untuk terus maju.

Membaca Bangkok Post
Membaca Bangkok Post

Safari literasi dan perpustakaan Pustakawan Mendunia ini juga terasa istimewa karena kami berjumpa kembali dengan Ms. Gassanee Thaisonthi dari Writers Association of Thailand (Baca juga: Siap-Siap Tersengat Inspirasi dalam Asian Festival of Children’s Content). Beliau yang memberikan rekomendasi berharga untuk mengunjungi perpustakaan yang didirikan pertama kali di Thailand, yaitu: Neilson Hays Library (Baca juga: Jatuh Cinta kepada Neilson Hays Library, Bangkok, Thailand).

Selain Perpustakaan Neilson Hays, Pustakawan Mendunia juga mengunjungi perpustakaan lainnya di Bangkok yaitu : National Library of Thailand / Perpustakaan Nasional (Baca juga: Berkunjung ke National Library of Thailand). Tidak hanya pergi ke perpustakaan, Pustakawan Mendunia juga mengunjungi Toko Buku Kinokinuya di Central World Mall, Bangkok (Baca juga: Berkunjung ke Toko Buku Zaman Now, Kinokuniya Mendunia).

Lalu bagaimana dengan kemajuan literasi dan perpustakaan di Chiang Mai?

Mengingat waktu kunjungan yang padat, Pustakawan Mendunia belum sempat berkunjung ke perpustakaan umum di Chiang Mai. Pustakawan Mendunia memprioritaskan untuk melihat bagaimana literasi membaca dan akses pada bahan bacaan masih terbatas di Suku Karen yang tinggal di pegunungan Chiang Mai.

Napak tilas Pustakawan Mendunia selama melakukan safari literasi dan perpustakaan di Thailand dapat ditemukan pada post tulisan kami yang berikutnya.

Salam literasi!

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: