Sesi Perpustakaan

Menjadi Pustakawan Mendunia yang Kreatif
Sesi Perpustakaan yang dilakukan Pustakawan Mendunia di SD Kabupaten Mimika, Propinsi Papua

Banyak orang bertanya, bagaimana cara meningkatkan minat baca anak-anak? Jawaban Pustakawan Mendunia masih konsisten sampai sekarang : mulailah sedini mungkin dan jadilah contoh untuk anak-anak. Apakah Pegiat Literasi sediri sudah membaca? Beberapa sekolah swasta yang memahami bahwa literasi sangat penting, mereka mengalokasikan waktu khusus untuk sebuah sesi perpustakaan. Keberadaan sesi ini juga didukung Oleh Standar Nasional Perpustakaan yang mengatakan perlu diadakan satu kali sesi seminggu (wajib) bagi siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah.

Sebagai seorang yang gemar membaca, Pustakawan Mendunia sangat memahami bahwa mencintai membaca buku tidaklah muncul hanya karena seorang anak disuruh membaca oleh guru dan orang tuanya. Melalui sesi perpustakaan atau library session, seorang pustakawan yang baik akan menggunakan berbagai upaya dan strategi untuk memancing rasa ingin tahu / penasaran anak-anak yang nantinya akan diarahkan untuk membaca dan menemukan sumber bacaan yang dapat dipercaya (kredibel), juga mengutamakan kejujuran dalam melakukan sitiran. Oleh karena itu, sesi perpustakaan yang ideal bukanlah perjalanan yang hanya dilakukan pada masa pendidikan dini, tapi berlanjut sampai di pendidikan tinggi.

Little Kunoichi

Reading Little Kunoichi, the little ninja girl is like opening the door of our inquiry about ninja and Japan heritage. Is ninja real? Read this post to find out more πŸ˜€

Membuat Pathfinder Perpustakaan Sekolah

Apa itu Pathfinder? Bagaimana membuatnya, apakah Pathfinder penting untuk perpustakaan sekolah? Pustakawan Mendunia berbagi pengalaman di sini.

Mengenalkan Cerita Rakyat (Folklore) kepada Anak

Pustakawan Mendunia membaca cerita rakyat bersama anak-anak menggunakan metode See, Think, dan Wonder. Berikut tipsnya πŸ™‚

Mengapa Siswa Perlu Menyalakan Kamera pada Sesi Belajar Daring?

Siswa harus menyalakan kameranya saat sesi belajar daring karena itu adalah peraturan sekolah. Memangnya itu penting ya? Pustakawan Mendunia mengulasnya secara lengkap dengan siswa/i kelas 5 SD.

Cara Membuat Game Kahoot untuk Sesi Perpustakaan

Game Kahoot ini adalah treat yang diberikan Pustakawan Mendunia setiap kali kami selesai membaca sebuah buku di sesi perpustakaan. Berikut tips dari kami πŸ™‚

Book vs Ebook

Bagaimana cara Pustakawan Mendunia memperkenalkan ebook kepada anak-anak? Apakah ebook adalah hanya sekadar buku yang ada di dalam komputer?

Kunjungan Virtual ke Perpustakaan Kota New York

Pustakawan Mendunia melakukan kunjungan virtual ke Perpustakaan Kota New York bersama anak-anak kelas 2 SD. Seperti apa perjalanannya? Yuk kita ikuti πŸ˜€

Winnie the Pooh Story

Who doesn’t love our fluffy kind-hearted friend, Winnie the Pooh? Let’s read the story about him and his friends in Hundred Acre Wood.

Metode See, Think, dan Wonder Ketika Membaca Buku

Berikut 6 tips dari Pustakawan Mendunia melakukan Metode See, Think, dan Wonder dapat dilakukan baik secara tata muka maupun daring. Selamat membaca πŸ™‚

Membaca Buku Seru pada Pandemi Covid-19

Ternyata kita tetap loh bisa membaca buku seru di sesi perpustakaan sekolah sekalipun pada pandemi Covid-19. Bagaimana caranya?

Pustakawan Mendunia bersama dengan Klub Buku Apocalypse
Pustakawan Membaca

Pustakawan Membaca! Betapa giatnya kita mempromosikan kebiasaan membaca, namun, apakah kita sudah membaca? Sebuah catatan refleksi dari Pustakawan Mendunia.

Buku Elektronik Frankenstein
7 Tips Memilih Ebook / Buku Mendongeng yang Menarik

Pilih mana untuk materi mendongeng kita, ebook atau buku tercetak? Bacalah 7 tips memilih ebook/buku yang menarik untuk mendongeng dari Pustakawan Mendunia.

Astro Smurf
Trik Mendongeng Online di Era Pandemi Covid-19

Mendongeng dengan buku sudah biasa kita lakukan. Lantas apa yang harus Pegiat Literasi lakukan di era pandemi covid 19 ini? Apa saja trik mendongeng online?

Hey There The Guardians of The Library
Hari Pertama Masuk Sekolah di Masa Pandemi Korona

“Nothing can’t stop us from learning, not even Corona.” Ini merupakan pesan pokok Pustakawan Mendunia pada hari pertama masuk sekolah di masa pandemi korona, Covid-19.

Why Black Lives Matter?

Why black lives matter? Lets learn a brief history of slavery, segregation, and movement against injustice in United States of America.

Goodnight Spaceman
Goodnight Spaceman: The First Ever Bedtime Story Recorded in Space!

Lets hop to our rocket of dream and blast off with our book Goodnight Spaceman! The first ever bedtime story recorded in space.

Little Cloud

See outside your window and try to find the Little Cloud. He might go undercover and changed himself into something you could never guess. Enjoy the story πŸ™‚

Rainbow Fish and The Big Blue Whale

Lets go deep under the water and have adventure with Rainbow Fish and his friends meeting The Big Blue Whale. Be careful of him!

Papa Do You Love Me?
Papa, Do You Love Me?

It is great to explore Africa, visit Mara River and to experience how Maasai people express love to their children with this question: Papa, do you love me?

The Exclamation Mark
The Exclamation Mark

Lets read and jump joining the Exclamation Mark who spiced up our words together with the question mark and the full stop. A funny story not to be missed, folks πŸ™‚

Where the Wild Things are

If you would like to go far away, where are you going to? Do you want to join Max who on his way sailing to where the wild things are? Read our review here.

Pustakawan Mendunia Expression in Storytelling
Sky Color

We are so happy to see how Marisol could overcome the challenge she had: how to color the sky without blue. You could read it in our new post, “Sky Color.”

We’re All Wonders

We’re All Wonders’ book promotes kindness over anything. Pustakawan Mendunia prepared a recorded storytelling session and activities to do.

Welcome to Your First Day of Classroom
3 Tips Jitu Persiapan Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemik Virus Korona tidak membuat kita menyerah. Saatnya Pustakawan Mendunia terus belajar dan berbagi tips persiapan pembelajaran jarak jauh/online kita.

4 Cara Perpustakaan Melawan Virus Korona di Sekolah

Tahukah Pegiat Literasi bahwa perpustakaan mampu melawan Virus Korona? Kita mampu menjadi agen perubahan. Tidak percaya? Bacalah 4 tips berikut ini.

The Reading Tree
The Giving Tree

Sebagai pustakawan yang gemar membaca, kami juga mempromosikan buku/informasi yang baik dibaca anak. Post pertama kami adalah mengenai buku The Giving Tree πŸ™‚

Ferry Wamuni Memegang Poster Peraturan Perpustakaan yang Dia Buat Sendiri
Sosialisasi (Kembali) Peraturan Perpustakaan Kita di Awal Tahun 2020

Bacalah tips sukses Pustakawan Mendunia memulai tahun baru ini dengan sosialisasi (mengingat kembali) peraturan perpustakaan kepada pengunjung kami.

Isabela dan Junianus Pemenang Lomba Bercerita di Kabupaten Mimika, Propinsi Papua tahun 2016
Melatih Anak (Juara) Senang Mendongeng

Selamat Hari Dongeng Nasional! Di hari spesial ini, pada tanggal 28 November 2019, Pustakawan Mendunia ingin memperingatinya dengan berbagi kisah berhasil melatih anak (juara) senang mendongeng. Selam…

International School Library Month
4 Tips Ampuh Membuat Tema Kreatif untuk Perpustakaan Kita

Bingung mau buat kegiatan apa di perpustakaan kita? Pegiat Literasi dapat membaca 4 tips membuat tema kreatif di perpustakaan kita di sini..

Menjadi Pustakawan Mendunia yang Kreatif
8 Tips Mengelola Sesi Perpustakaan (Library Session) yang Asyik dan Kreatif di Sekolah

Apa itu sesi perpustakaan/library session di sekolah? Apa bedanya dengan Gerakan Literasi Sekolah? Bagaimana membuat sesi perpustakaan yang seru dan asyik?

“The only thing that you absolutely have to know, is the location of the library.”

Albert Einstein