You are currently viewing Mengajarkan Apa Itu Inklusi ke Siswa

Mengajarkan Apa Itu Inklusi ke Siswa

Apa itu inklusi? Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa inklusi adalah kegiatan mengajar siswa dengan kebutuhan khusus pada kelas reguler. Berdasarkan kebutuhan kurikulum International Baccalaureate (IB), menyarankan rekomendasi kebijakan inklusi untuk bisa dilakukan di sekolah. Bagaimana perpustakaan dapat mendukung jalannya program / kebijakan inklusi di sekolah?

Memang sekolah tempat Pustakawan Mendunia bekerja belum menjadi sekolah inklusi. Tapi kami berpikir, tidak ada salahnya Pustakawan Mendunia mengajak anak-anak sekolah kami memahami ada anak-anak lain di luar sana yang memiliki kebutuhan khusus. Walaupun mereka memiliki kebutuhan khusus, mereka tidak berbeda dengan anak-anak siswa kami. Mereka senang bermain, belajar, dan membaca buku juga, sama seperti yang lain.

Membaca Buku Bersama

Next Stop, Kindergarten!

Cara termudah untuk mengajarkan sesuatu kepada anak-anak, adalah dengan bercerita. Pustakawan Mendunia mengajak siswa TK untuk membaca buku yang berkisah tentang pergi ke sekolah. Sebenarnya ini adalah kisah yang termasuk biasa saja, tidak ada konflik berarti. Namun, diceritakan bahwa salah satu teman sekelas yang ada di dalam buku ini, dia menggunakan kursi roda.

Metode See, Think, dan Wonder

Ketika membaca halaman tersebut, Pustakawan Mendunia meminta anak-anak untuk melihat lagi gambar yang ada di dalamnya. Anak-anak diminta untuk menyebutkan siapa saja yang ada di dalam kelas waktu itu. Ketika ada yang menjawab kursi roda, Pustakawan kemudian bertanya kembali kepada anak-anak:

  • Apa itu kursi roda?
  • Apakah ada yang pernah melihat orang menggunakan kursi roda?
  • Kenapa ada orang yang menggunakan kursi roda?
  • Apakah ada yang anak-anak temukan berbeda dengan dirinya?
  • Apakah ada kesamaan dengan dirinya?
  • Apa yang harus kita lakukan kalau memiliki teman yang menggunakan kursi roda?

Baca juga: Metode See, Think, dan Wonder Ketika Membaca Buku

Percayalah bahwa anak-anak itu sudah pintar dan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Tugas Pustakawan Mendunia hanyalah mengarahkan analisis kritis mereka. Gunakan sesi perpustakaan di sekolah untuk mengeksplorasi berbagai buku menarik, imajinatif, memperluas wawasan anak, dan mengajarkan mereka akan nilai-nilai kebaikan.

Rekomendasi Buku

Beberapa buku terkait inklusi yang bisa kami rekomendasikan:

Selamat membaca bersama anak-anak!

Tinggalkan Balasan