Sayembara Membuat Logo Pustakawan Mendunia

Pustakawan Mendunia berjumpa dengan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia
Pustakawan Mendunia berjumpa dengan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia

Ada sayembara logo Pustakawan Mendunia? Memangnya Pustakawan Mendunia belum ada logonya ya?

Mungkin Pegiat Literasi sudah menyadari ada satu hal yang nampak sepi di website ini, yaitu Pustakawan Mendunia belum memiliki logo. Kenapa sih penting sekali kita perlu membahas dan membuat logo gerakan / komunitas kita?

Sebenarnya logo suatu organisasi terkait branding, pemetaan kita ada di mana, dan kita menuju apa? Sebuah organisasi yang dinamis tentu akan berbeda logonya dengan kantor formal, tercermin dari pilihan font, warna, dan ciri khas logo yang akan digunakan. Demikian pula dengan Pustakawan Mendunia. Kami ingin dapat terwakilkan dengan logo yang mencerminkan adicita organisasi non-profit kami.

Pilihan mudah bagi kami, bisa saja membayar orang profesional untuk membuat logo Pustakawan Mendunia. Tapi project idealis seperti Pustakawan Mendunia bukan perihal membayar dan dibayar. Semangatnya adalah berbagi, dengan satu tujuan literasi untuk kesejahteraan bangsa.

Maka tak ada lagi pilihan paling ideal, selain kembali ke bangku kampus, berjumpa dengan adik-adik penerus perjuangan literasi bangsa.

Menghubungi BE IMASIP FIB UI

Kemudahan jaringan internet dan media sosial mempertemukan Pustakawan Mendunia dengan BE IMASIP FIB UI (Badan Eksekutif Ikatan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia). Pembicaraan pertama kami lakukan pada bulan Maret 2019.

Adik-adik menyambut antusias, dan maklum memang namanya belum kenal, mereka meminta profil organisasi Pustakawan Mendunia. Syukurlah ada sebuah kebetulan yang sangat baik di bulan Mei. Pustakawan Mendunia pulang ke Jakarta sehingga disempatkan berjumpa dengan adik-adik di kampus.

Pustakawan Mendunia menjelaskan adicita, visi dan misi kami, sampai kemudian adik-adik setuju akan membantu pelaksanaan sayembara membuat logo Pustakawan Mendunia seiring dengan pelaksanaan UI Book Festival pada 28 Oktober – 1 November 2019.

Persyaratan Mengikuti Lomba Logo Pustakawan Mendunia

Sayembara Membuat Logo Pustakawan Mendunia

Seperti gambar yang ada di atas, persyaratan mengikuti lomba ini adalah:

  1. Peserta merupakan mahasiswa aktif S1 Ilmu Perpustakaan di Seluruh Indonesia, yang dibuktikan dengan melampirkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  2. Peserta wajib mengisi formulir pendaftaran bit.ly/SayembaraLogoPM atau bisa klik di sini.
  3. Peserta hanya bisa mengirimkan 1 desain logo.
  4. Peserta mengikuti (follow) Pustakawan Mendunia di Social Media
  5. Desain logo yang dikirim merupakan karya asli (original) yang belum pernah diikutsertakan pada perlombaan apapun dan belum pernah dipublikasikan di media manapun.
  6. Desain logo merupakan visi, adicita, dan sasaran pustakawan mendunia.org
  7. Segala bentuk kecurangan dan plagiarisme akan berakibat pada pengurangan nilai, diskualifikasi serta pembatalan pemenang.
  8. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
  9. Pemenang bersedia memberikan hak milik logo kepada pustakawanmendunia.org

Berkas yang Perlu Dikirim

  1. Peserta menyediakan logo berupa softcopy format png dengan resolusi 300 dpi.
    • Format file: Logopm_Nama Peserta_Nama Perguruan Tinggi.png
      Contoh: Logopm_Susi Puji_Universitas Indonesia.png
  2. Peserta melampirkan penjelasan berupa deskripsi mengenai identitas grafis dan filosofi dari logo tersebut dalam bentuk pdf.
    • Format deskripsi
      Font Times New Roman ukuran 12 point; A4; Spasi 1,15; batas kiri 4 cm, batas kanan-atas-bawah 3 cm).
    • Format file: Logopm_Nama Peserta_Nama Perguruan Tinggi.pdf
  3. Peserta dapat mengirimkan 4 berkas yaitu: Scan/foto KTM, desain logo, deksripsi logo dan lembar pernyataan orisinalitas (pdf) ke email bookfestival.ui@gmail.com
    Format subjek: Logopm_Nama Peserta_Nama Perguruan Tinggi
  4. Tidak diperbolehkan melakukan revisi atau perbaikan pada desain logo.

Jadwal Kegiatan & Hadiah

Adapun untuk jadwal kegiatan sayembara pembuatan logo Pustakawan Mendunia adalah:

  • Pendaftaran dan pengiriman logo: 2 Oktober – 30 Oktober 2019.
  • Penilaian : 30 Oktober – 3 November 2019.
  • Pengumuman Pemenang: 3 November 2019.

Hadiah Pemenang :

Uang sebesar Rp. 3.000.000,- dan berkesempatan bergabung di dalam tim kreatif Pustakawan Mendunia.

Warisan untuk Bangsa

Mari untuk Pegiat Literasi dan adik-adik mahasiswa Ilmu Perpustakaan yang berbakat dalam dunia desain, kami membutuhkanmu. Percayalah mengikuti sayembara ini bukan sekadar membuat logo dan mengirimkannya untuk lomba, tapi akan menjadi jejak warisanmu untuk bangsa.

Logo karyamu akan Pustakawan Mendunia gunakan sebagai representasi kami, membawa nilai agung adicita kami untuk literasi bangsa. Pemenangnya juga berkesempatan bergabung ke dalam tim kreatif Pustakawan Mendunia, dan kita bisa bekerja sama mewujudkan ide-ide kreatif kita untuk kemajuan literasi bangsa.

Kami tunggu ๐Ÿ™‚

Catatan:

Peserta bersedia menandatangani surat pernyataan penyerahan logo dan penggunaannya kepada Pustakawan Mendunia apabila telah memenangkan lomba dan Pustakawan Mendunia sebagai pemilik Hak Cipta atas karya tersebut sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta.

CP untuk Sayembara Pembuatan Logo Pustakawan Mendunia:

Fadila 08888728342 (Whatsapp).

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: