Kunjungan Seru ke Nehru Memorial Museum & Library, India

Pustakawan Mendunia dengan Ibu Rita Singh

Pada awal Januari 2020, Pustakawan Mendunia memperoleh kesempatan berharga mengunjungi New Delhi, India. Tentu kami tidak akan melewatkan kesempatan untuk melakukan safari literasi dan perpustakaan di New Delhi. (Baca juga: Mengunjungi Perpustakaan Nasional India)

Jawaharlal Nehru Library
Berkunjung ke Jawaharlal Nehru Library, New Delhi, India

Pustakawan Mendunia mendapat rekomendasi dari teman (terima kasih Kak Nissa!) untuk berkunjung ke Nehru Memorial Museum & Library. Ternyata kami tidak salah pilih. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang sebenarnya aksesnya terbatas hanya untuk anggota terdaftar dan memiliki koleksi buku perpustakaan yang sangat istimewa.

Koleksi Buku yang Istimewa

Pustakawan Mendunia sangat beruntung dapat berjumpa dan diberikan kemudahan untuk masuk dan berkunjung oleh kepala perpustakaan ini. Begitu masuk ke Nehru Memorial Library ini, akhirnya Pustakawan Mendunia mengerti mengapa akses masuk ke perpustakaan ini terbatas. Koleksi perpustakaan ini sangat ‘mahal’, khususnya dalam khazanah ilmu sosial, politik, dan pemerintahan bukan hanya dalam cakupan India tapi juga dunia. Banyak koleksi buku di perpustakaan ini yang sudah out of print (tidak dicetak lagi), namun isinya sangat berbobot, mendalam, dan menantang cara berpikir kita.

Melihat dan memegang koleksi buku langka di Nehru Memorial Library ini, rasanya Pustakawan Mendunia kembali ke masa lalu. Kami membayangkan betapa panjang perjalanan waktu sampai buku-buku luar biasa ini tetap masih bisa kita akses sampai di hari ini. Siapa mereka yang dulu pertama membaca kemudian menyumbangkan buku-buku impor ini? Banyak buku di dalam perpustakaan ini berbahasa Inggris sehingga lebih mudah bagi foreigners untuk memahami wawasan berpikir anggota perpustakaan ini.

Sosok Bapak Jawaharlal Nehru

The Christian Attitude to War, salah satu koleksi buku lawas di Perpustakaan Nehru

Pustakawan Mendunia merasa sejenak waktu seperti berhenti dan menikmati sensasi luar biasa saat memegang satu pilihan buku yang ada di foto ini. Siapa saja brainy people yang pernah membaca buku-buku di sini dan ‘tersihir’ oleh kedalaman berpikir penulis buku yang ada di depan kita?

Refleksi Pustakawan Mendunia, jika kita ingin mengenal karakter dan wawasan berpikir seseorang, ada baiknya kita tengok koleksi buku yang dimiliki atau dibaca oleh orang tersebut. Betapa cerdasnya PM India pertama, Bapak Jawaharlal Nehru, dan betapa luas wawasan berpikirnya. Tak heran Pak Jawaharlal Nehru dikenal sebagai founding father India.

India luar biasa dan orang-orang cerdas India sudah gemar membaca dari masa penjajahan Inggris sampai di hari ini. Pustakawan Mendunia melihat sebuah visi India bangkit ke depan menjadi negara maju yang sangat peduli dengan pendidikan. Ketika Pustakawan Mendunia mencari informasi lebih banyak mengenai Nehru Memorial Library ini, ternyata benar ini bukan perpustakaan biasa. Perpustakaan ini adalah pusat sumber informasi mengenai PM India pertama, Bapak Jawaharlal Nehru, banyak menyimpan tulisan Bapu Mahatma Gandhi, dan merupakan perpustakaan terbaik di Delhi untuk ilmu sosial sampai di level doctoral programme. Terima kasih Ibu Rita Singh untuk kesempatan berharga, Pustakawan Mendunia dapat berkunjung ke Nehru Memorial Library.

Memang perpustakaan ini hanya untuk mereka yang berani membuka cakrawala berpikir lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *