Pustakawan Mendunia Saatnya Update Diri Menjadi Pustakawan Zaman Now
Saatnya Update Diri Menjadi Pustakawan Zaman Now

Pustakawan Mendunia yang Kreatif

Pustakawan Kreatif Mendongeng bersama Anak-anak di Perpustakaan Sekolah di Propinsi Papua, Indonesia

Selain belajar, menjadi Pustakawan Mendunia juga berarti kita Pegiat Literasi berpikir out of the box. Jadilah orang yang alergi dengan kata “Gak bisa.” Percayalah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Jadilah pustakawan yang kreatif!

Kemudian, apa yang dimaksud dengan kreatif? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi kreatif adalah:

  1. adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
  2. bersifat (mengandung) daya cipta

Apakah Pegiat Literasi adalah orang yang tercebur tidak sengaja di dalam dunia buku, literasi, perpustakaan, atau taman bacaan? Jangan khawatir, kalian tidak sendirian! Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kita eksplor.

Bicara tentang perpustakaan, perpustakaan bukanlah sebagai tempat penyimpanan buku semata tapi merupakan sebuah tempat berkegiatan untuk komunitas.

Keberadaan perpustakaan sebagai lembaga non-profit, netral, dan mampu mengayomi pengunjung / pengguna perpustakaan, lepas dari kepentingan politik dan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Kita bercermin dari kutipan indah ini :

Libraries allow children to ask questions about the world and find the answers. And the wonderful thing is that once a child learns to use a library, the doors to learning are always open.” Laura Bush

Oleh karena itu, kata “Gak bisa” sudah gak zamannya lagi untuk dipakai sekarang ini. Penggunaan kalimat ini terasa sudah usang jika dibandingkan dengan manfaat luhur dan keberadaan Perpustakaan yang mampu menyentuh hidup generasi bangsa di masa depan.

Pustakawan Mendunia akan berbagi kisah, tips, dan trik kreativitas untuk meningkatkan minat baca yang sekiranya dapat menginspirasi Pegiat Literasi menjadi Pustakawan Mendunia yang kreatif.

QA Pustakawan Mendunia

Q&A Pustakawan Mendunia

Pustakawan Mendunia membuka sesi 30 menit untuk tanya jawab dan peluang berkolaborasi dengan Pegiat Literasi setiap hari Kamis. Sampai jumpa!

Kindle Voyage

Istimewanya Kindle Voyage

Akhirnya Pustakawan Mendunia memilih istimewanya Kindle Voyage ini dari berbagai pilihan ebook reader device yang ada. Berikut ulasan kami.

Moon Plus Reader

6 Aplikasi Ebook Reader Terbaik

Pandemik Covid-19 mendorong kita bergerak dan menikmati banyak pilihan ebook untuk dibaca. Berikut rekomendasi 6 aplikasi ebook reader terbaik

Berbelanja Ebook

Beli Ebook di Mana?

Pandemi korona mengubah cara kita menikmati membaca buku dan membelinya. Berikut rekomendasi tempat berbelanja ebook dari Pustakawan Mendunia.

Pustakawan Mendunia bersama dengan Klub Buku Apocalypse

Pustakawan Membaca

Pustakawan Membaca! Betapa giatnya kita mempromosikan kebiasaan membaca, namun, apakah kita sudah membaca? Sebuah catatan refleksi dari Pustakawan Mendunia.

Little Cloud

See outside your window and try to find the Little Cloud. He might go undercover and changed himself into something […]

Papa Do You Love Me?

Papa, Do You Love Me?

It is great to explore Africa, visit Mara River and to experience how Maasai people express love to their children […]

The Exclamation Mark

The Exclamation Mark

Lets read and jump joining the Exclamation Mark who spiced up our words together with the question mark and the […]

Pustakawan Mendunia Expression in Storytelling

Sky Color

We are so happy to see how Marisol could overcome the challenge she had: how to color the sky without […]

We’re All Wonders

We’re All Wonders’ book promotes kindness over anything. Pustakawan Mendunia prepared a recorded storytelling session and activities to do.

The Giving Tree

Sebagai pustakawan yang gemar membaca, kami juga mempromosikan buku/informasi yang baik dibaca anak. Post pertama kami adalah mengenai buku The […]

Serunya Klub Perpustakaan Kita

Klub Perpustakaan atau Library Club adalah sebuah ide yang Pustakawan Mendunia temukan ketika sedang mencari inspirasi saat browsing di website […]