Pustakawan Mendunia yang Kreatif

Pustakawan Kreatif Mendongeng bersama Anak-anak di Perpustakaan Sekolah di Propinsi Papua, Indonesia

Selain belajar, menjadi Pustakawan Mendunia juga berarti kita Pegiat Literasi berpikir out of the box. Jadilah orang yang alergi dengan kata “Gak bisa.” Percayalah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Jadilah pustakawan yang kreatif!

Kemudian, apa yang dimaksud dengan kreatif? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi kreatif adalah:

  1. adalah memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
  2. bersifat (mengandung) daya cipta

Apakah Pegiat Literasi adalah orang yang tercebur tidak sengaja di dalam dunia buku, literasi, perpustakaan, atau taman bacaan? Jangan khawatir, kalian tidak sendirian! Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kita eksplor.

Bicara tentang perpustakaan, perpustakaan bukanlah sebagai tempat penyimpanan buku semata tapi merupakan sebuah tempat berkegiatan untuk komunitas.

Keberadaan perpustakaan sebagai lembaga non-profit, netral, dan mampu mengayomi pengunjung / pengguna perpustakaan, lepas dari kepentingan politik dan SARA (Suku, Agama, Ras, Antargolongan). Kita bercermin dari kutipan indah ini :

Libraries allow children to ask questions about the world and find the answers. And the wonderful thing is that once a child learns to use a library, the doors to learning are always open.” Laura Bush

Oleh karena itu, kata “Gak bisa” sudah gak zamannya lagi untuk dipakai sekarang ini. Penggunaan kalimat ini terasa sudah usang jika dibandingkan dengan manfaat luhur dan keberadaan Perpustakaan yang mampu menyentuh hidup generasi bangsa di masa depan.

Pustakawan Mendunia akan berbagi kisah, tips, dan trik kreativitas untuk meningkatkan minat baca yang sekiranya dapat menginspirasi Pegiat Literasi menjadi Pustakawan Mendunia yang kreatif.