Layanan Kami

MISI KAMI

Kami ada untuk berbagi

Pustakawan Mendunia adalah gerakan sosial untuk berbagi inspirasi. Kami tidak memberikan tarif untuk jasa konsultasi yang kami berikan. Layanan pelatihan yang dapat kami berikan berupa training online di dalam bidang kepustakawanan, strategi meningkatkan minat baca, dan memperkuat kemampuan literasi, khususnya untuk anak-anak.

Pustakawan Mendunia Mengajak Anak-anak Mendongeng Sambil Bernyanyi

TULISAN KAMI

Cakupan Karya Kami

Selain melakukan pelatihan terkait kepustakawanan, Pustakawan Mendunia juga aktif menulis dan berbagi inspirasi strategi literasi pada laman kami. Kami menerima tulisan kontributor untuk berbagi pengalamannya, dengan mengirimkan tulisan ke pustakawan@pustakawanmendunia.org

Pustakawan Mendunia Terus Belajar

Pustakawan Mendunia menyumbangkan tulisan dan berbagi sumber terkait pengembangan keilmuan Perpustakaan dan minat baca di Indonesia dan dunia.

BACA LEBIH LANJUT

Pustakawan Mendunia Kreatif

Selain belajar, menjadi Pustakawan Mendunia juga berarti kita Pegiat Literasi berpikir out of the box. Jadilah orang yang alergi dengan kata “Gak bisa.” Percayalah, di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Jadilah pustakawan yang kreatif!

BACA LEBIH LANJUT
Pustakawan Mendunia Mengajarkan Nilai Kebaikan Melalui Drama Musikal dari Klub Perpustakaan

Pustakawan Mendunia Menyebarkan Nilai Kebaikan

Saat ini kita membutuhkan semakin banyak juru damai di dunia dan kita Pustakawan, memperoleh posisi strategis untuk ambil bagian mewujudkan perdamaian dunia, dunia yang lebih baik untuk kita semua, di saat ini dan masa depan.

BACA LEBIH LANJUT
Neilson Hays Library

Safari Literasi & Perpustakaan

Sempatkanlah jadwal wisata Pegiat Literasi untuk berkunjung ke perpustakaan / taman bacaan yang ada di masyarakat. Janganlah segan berjumpa dengan petugas perpustakaan atau taman bacaan di sana. Berjejaring dan belajarlah dari pengalaman positif yang mereka lakukan.

READ MORE
Menjadi Pustakawan Mendunia yang Kreatif

Sesi Perpustakaan

Melalui sesi perpustakaan atau library session, seorang pustakawan yang baik akan menggunakan berbagai upaya dan strategi untuk memancing rasa ingin tahu / penasaran anak-anak yang nantinya akan diarahkan untuk membaca dan menemukan sumber bacaan yang dapat dipercaya (kredibel), juga mengutamakan kejujuran dalam melakukan sitiran.

READ MORE
Papa Do You Love Me?

Ulasan Buku

Pustakawan Mendunia berbagi kiat, kisah, dan tips mendongeng sekaligus menulis ulasan buku pilihan untuk anak-anak. Selamat membaca.

READ MORE

MENDUNIA

Mengapa Kami?

Ada 4 (empat) hal yang membuat kami berbeda dengan komunitas perpustakaan dan literasi lainnya:

Q&A Session

Kami memberikan kesempatan untuk sesi konsultasi dan tanya jawab selama 30 menit terkait kepustakawanan dan strategi meningkatkan minat baca. Pertemuan akan dilakukan melalui sesi zoom dan linknya akan diberikan secara private, satu jam sebelum pertemuan. 

QA Pustakawan Mendunia
FAQ

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apakah Pustakawan Mendunia menerima donasi buku?

Saat ini kami masih memprioritaskan kegiatan kami untuk melakukan penguatan materi, praktek kerja, dan berbagi strategi kreatif mendorong minat baca. Kami dapat menjadi perantara dan memberikan kontak Taman Bacaan / Perpustakaan Komunitas yang membutuhkan donasi dan bantuan seIndonesia. Silakan dapat menghubungi kami via email: pustakawan@pustakawanmendunia.org

Saya mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan saya merasa kuliah saya terlalu bersifat teori. Apakah Pustakawan Mendunia bisa membantu memberikan materi praktek? Tapi saya tidak punya uang untuk membayar kursus dari Pustakawan Mendunia.

Kami dengan senang hati siap memberikan penguatan materi kepada adik-adik calon Pustakawan Mendunia di masa depan. Kami memprioritaskan sesi pelatihan diberikan ke dalam grup, bukan perorangan. Adik-adik disarankan mengajak teman-teman satu angkatan untuk menghadiri sesi kami. Silakan menghubungi kami via email ke: pustakawan@pustakawanmendunia.org Kami dapat merancang sesi pelatihan praktik untuk adik-adik semua, secara gratis (daring).