8 Program Sarjana Ilmu Perpustakaan Terbaik di Indonesia

Mahasiswa Baru Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia
Mahasiswa Baru Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia

Di mana Kampus / Universitas Terbaik untuk Program Sarjana Ilmu Perpustakaan di Indonesia?

Penasaran di mana ilmu perpustakaan terbaik Indonesia? Berdasarkan post sebelumnya di sini, terdapat delapan universitas terbaik menyandang akreditasi A untuk Program sarjana ini. Akreditasi itu apa ya? Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat dua definisi akreditasi, yaitu:

  1. Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh lembaga yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu
  2. Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya.

Akreditasi untuk universitas dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional selama 5 tahun sekali. Nilai A diberikan untuk kampus yang dinilai terbaik mampu mengemban tugas mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang bermutu. Mari kita bahas kampus mana saja yang memiliki nilai akreditasi A, untuk Program Sarjana Ilmu Perpustakaan.

Universitas Indonesia

Menjadi yang pertama dan tertua di Indonesia, disertai fasilitas kampus yang sangat mendukung dan pendanaan yang kuat meletakkan Universitas Indonesia (UI) menjadi kampus yang disegani di Indonesia dan dunia.  Temukanlah link lebih lanjut untuk Program Sarjana Ilmu Perpustakaan di sini:

  1. Website UI 
  2. Website Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
  3. Website Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi FIB UI

Kode 3212185 adalah kode program studi Ilmu Perpustakaan UI berdasarkan data SBMPTN 2017. Pada tahun terdapat1.313 peserta ujian SBMPTN 2017 yang memperebutkan 27 daya tampung. Di bawah ini adalah sebaran peminat jurusan ini di UI dari SBMPTN tahun 2015-2017.

Jangan langsung menyerah melihat tabel di atas. Terus giat belajar, banyak berlatih soal SBMPTN, dan perkirakan nilai passing grade / perkiraan batas kelulusan. Nilai plus UI selain di fasilitasnya, adalah di pendanaan kuliah. Jangan khawatir masuk UI. Jangan minder melihat biaya kuliah atau gedung UI yang mentereng.

Mekanisme pembiayaan kuliah / BOP di UI dimulai dari Rp 100.000,- s/d Rp 5.000.000,- per semester. Perhatikan kata ini “dimulai dari”.  Mahasiswa dapat mengajukan keringanan biaya kuliah disertai dokumen pendukung penghasilan orang tua dan rekomendasi dari Pak RT/RW dan kelurahan. Beasiswa ada banyak di UI, dan terbuka banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk bisa aktif mengikuti organisasi kemahasiswaan, lomba dan konferensi di dalam dan luar negeri.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI dan BEM Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya akan senang hati sekali bisa memberikan informasi perihal pengajuan keringanan saat nanti mendaftar masuk ke kampus. Ingatlah bahwa pengajuan ini tersedia untuk yang masuk UI lewat jalur regular.

Universitas Diponegoro

Berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Universitas Diponegoro (UNDIP) memasukkan jurusan Ilmu Perpustakaan di Fakultas Ilmu Budaya. Keterangan lebih lanjut untuk jurusan ini, dapat dibaca di sini.

Berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Diponegoro Nomor: 79/UN7.P/HK/2018, biaya kuliah di UNDIP dikelompokkan ke dalam 7 kategori / golongan mulai dari Rp 500.000,- s/d Rp 5.000.000,-per semester. Ini belum termasuk Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang diberikan satu kali, sebesar Rp 6.000.000,- / Rp 10.000.000,-

Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Berada di Ciputat, Tangerang Selatan, Kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (UINSH) memasukkan Ilmu Perpustakaan pada Fakultas Adab dan Humaniora. Keterangan lebih lanjut mengenai jurusan ini, bisa dibaca di sini.  Berdasarkan Surat Keputusan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Nomor 259 tahun 2018, biaya kuliah dibagi ke dalam 7 kelompok / kategori, dimulai dari Rp 400.000,- s/d Rp 4.290.000,- per semester.

Universitas Padjajaran

Ilmu Perpustakaan di kampus ini berada di bawah Fakultas Komunikasi dan berlokasi di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Temukan link lebih lanjut mengenai program studi ini di Universitas Padjajaran (Unpad) :

  1. Website Unpad
  2. Website Ilmu Perpustakaan FIKOM

Jurusan ini menggunakan kode 3332217 di Unpad sebagai kode program studi pada SBMPTN 2017. Tercatat 1.522 peserta ujian memperebutkan kuota mahasiswa sebanyak 85 kursi. Berikut adalah sebaran peminatnya dalam 3 tahun terakhir :

Sebaran Peminat PS Ilmu Perpustakaan Unpad 2015-2017

Berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Padjajaran nomor 10 tahun 2017, biaya kuliah Program Sarjana Ilmu Perpustakaan mulai dari Rp 500.000,- s/d Rp 5.000.000,- per semester.

Universitas Sumatera Utara

Kampus Universitas Sumatera Utara (USU) berada di ibukota Propinsi Sumatera Utara, yaitu Medan. Ilmu Perpustakaan berada di dalam Fakultas Ilmu Budaya USU. Temukan link lebih lanjut mengenai jurusan ini pada:

  1. Website kampus
  2. Website Ilmu Perpustakaan FIB

Daya tampung program studi ini di USU pada tahun 2018 adalah 29 kursi yang diperebutkan 1.039 orang. Kode SBMPTN 2017 untuk program studi ini adalah 1212193. Sebaran peminatnya pada tahun 2015-2017 adalah :

Biaya kuliah di jurusan ini dimulai dari Rp 500.000,- s/d Rp 2.500.000,- per semester.

Universitas Brawijaya

Berlokasi di Malang, Jawa Timur yang asri Universitas Brawijaya (UB) memasukkan Ilmu Perpustakaan ke dalam Fakultas Ilmu Administrasi. Baca lebih lanjut mengenai jurusan ini di :

  1. Website Kampus
  2. Website Ilmu Perpustakaan FIA

Program studi ini memiliki kuota 23 kursi yang diperebutkan 552 peserta di UB. Kode SBMPTN untuk masuk jurusan ini adalah 3722243. Sebaran peminat jurusan ini di UB pada tahun 2015-2017 adalah:

Biaya kuliah di jurusan ini dibagi ke dalam 6 kategori / golongan, mulai dari Rp 500.000,- s/d Rp 6.500.000,- per semester.

Universitas Yarsi

Ilmu Perpustakaan di Universitas Yarsi (UY) berada di dalam Fakultas Teknologi Informasi. Kampus yang berada di Cempaka Putih, Jakarta ini adalah kampus swasta. Jadi, sistem penerimaan mahasiswa barunya tidak menggunakan SBMPTN dan biaya kuliahnya adalah Rp 7.000.000,- per semester.

Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Kampus ini berada di Yogyakarta, sama seperti UINSH, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (UINKY) memasukkan Ilmu Perpustakaan di dalam Fakultas Adab dan Ilmu Budaya.  Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 211 tahun 2018, biaya kuliah di UINKY mulai dari Rp 400.000,- s/d Rp 3.100.000,-

Pilihan yang Terbaik di Indonesia!

Bekerja sebagai Pustakawan (Lulusan Ilmu Perpustakaan) di Propinsi Papua, Indonesia
Bekerja sebagai Pustakawan (Lulusan Ilmu Perpustakaan) di Propinsi Papua, Indonesia

Membaca delapan ulasan kampus yang memiliki jurusan Ilmu Perpustakaan terbaik di Indonesia ini, semoga dapat memotivasi pegiat literasi atau adik-adik yang mau belajar dengan memilih kuliah di program studi ini. Mau pilih yang mana? Beranikan diri untuk memilih yang terbaik. Ukurlah kemampuan diri dengan banyak berlatih soal SBMPTN, juga mintalah dukungan moral dan doa dari keluarga serta teman-teman.

Kuliah memberikan bekal kepada mahasiswanya, tapi mutu dan kualitas lulusan sangat bergantung kepada pengembangan diri. Khususnya pengembangan diri melalui kegiatan organisasi intra dan ekstra kampus, sungguh akan sangat bermanfaat untuk pengembangan soft skill diri.

Jangan mudah berpuas diri hanya menjadi mahasiswa yang memiliki IPK tinggi. Gunakan status mahasiswamu untuk giat belajar, raih ilmu banyak-banyak, dan berbagi kasih untuk sesama. Lanjutkan spirit dan semangat itu sekalipun sudah lulus nanti, menjadi sumber kehidupan untuk orang-orang di sekitarmu. Jadilah lulusan Ilmu Perpustakaan dan alumni yang membanggakan almamatermu.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: