9 Ide Kreatif Merancang Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan di Sekolah

Berfoto bersama Duta Baca Sekolah Dasar dan Pemenang Kompetisi dalam Perayaan Pekan Buku di SD SMP Kabupaten Mimika, Propinsi Papua

Kembali Pustakawan Mendunia mengucapkan terima kasih atas inspirasi yang diperoleh dari Mengikuti Diklat Kepala Perpustakaan Sekolah yang memancing ide kreatif untuk pelaksanaan Pekan Buku, Literasi dan Perpustakaan di tempat bekerja.

Pegiat Literasi yang bekerja secara sukarela atau pun tercebur bekerja di perpustakaan sekolah, mungkin terkadang bingung, apa yang mau dibuat di Perpustakaan. Terlebih yang sudah ‘ditembak’ kepala sekolah, “Ayo Bapak/Ibu, buat acara sekolah ya terkait literasi dan perpustakaan.”

Sesungguhnya dukungan Kepala Sekolah dan penyandang dana sekolah sangat terasa untuk kemajuan sekolah dan perpustakaan kita. Paling tidak, perlu adanya alokasi budget / anggaran dana untuk hadiah pemenang kompetisi yang akan kita laksanakan nantinya. Namanya juga anak-anak, kalau tidak ada hadiahnya tidak seru, begitu.

Lalu, kapan sebaiknya Pegiat Literasi melaksanakan kegiatan Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan? Temanya bisa disesuaikan dengan kalender akademik sekolah, atau melihat jadwal hari-hari besar dan penting terkait Buku, Literasi, dan Perpustakaan di Indonesia dan Dunia. Pegiat Literasi dapat membaca inspirasi waktu kegiatan / event lebih lanjut di Hari Bersejarah & Hari Penting Literasi dan Perpustakaan di Indonesia.

Kemudian, kira-kira bisa kegiatan apa saja yang kita laksanakan untuk sebuah perayaan Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan yang kreatif di sekolah kita? Jika anggaran terbatas, kira-kira apakah masih bisa terlaksana?

Berikut 9 tips dan ide kreatif yang kami pernah lakukan dalam Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan di SD SMP Kabupaten Mimika, Propinsi Papua dan SD Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau.

1. Membuat Nama Perpustakaan

Membuat Nama Perpustakaan

Jika selama ini Pegiat Literasi hanya menyebut “Perpustakaan” atau “Taman Bacaan”, saatnya kita memberikan nama kepada perpustakaan / taman bacaan kita tersebut. Ini tentu sangat menyenangkan untuk anak-anak. Terlebih untuk mereka yang senang membaca dan berkunjung ke Perpustakaan. Mereka akan berpikir keras kira-kira nama apa yang pas untuk tempat membaca kesayangan kita.

Perlombaan ini kami laksanakan di SD Kabupaten Mimika, Propinsi Papua dan senang sekali melihat atensi anak-anak. Kami memberikan satu persyaratan bahwa satu anak hanya dapat memberikan usul satu nama. Beberapa usulan nama perpustakaan yang kami terima justru malah jadi seperti surat pernyataan cinta untuk pustakawannya 🙂

Akhirnya satu nama yang terpilih sebagai pemenang adalah “PASEME” (Papua Senang Membaca) usulan dari Danus Uamang. Terima kasih Danus!

2. Mendongeng

Mendongeng Kisah Si Tudung Merah

Pustakawan Mendunia menyiapkan tiga dongeng dari buku untuk diceritakan kepada anak-anak kelas 1-2 SD. Semangat cinta buku, literasi, dan perpustakaan dapat kita sebarkan kepada anak-anak melalui cerita. Biasanya setelah mendengar cerita tersebut, anak-anak akan penasaran dengan buku cerita dan sibuk membaca bukunya.

Mendongeng kali ini istimewa karena dilaksanakan dalam rangka Pekan Buku, Literasi, dan Perpustakaan. Setelah sesi mendongeng selesai, anak-anak akan diminta untuk Mewarnai Tokoh / Karakter dari Buku Dongeng yang sudah diceritakan.

3. Mewarnai Tokoh / Karakter dari Buku Dongeng

Berta dan Everline Mewarnai Tokoh Cerita / Dongeng Lumba-Lumba

Jika kisah yang akan Pegiat Literasi ceritakan adalah sebuah dongeng yang sangat populer, tentu sangat mudah mencari gambarnya di mesin pencari internet. Lalu bagaimana jika kisah yang akan Pegiat Literasi sampaikan adalah cerita rakyat dari Indonesia atau negara lain, yang tidak tersedia lembaran mewarnainya di internet?

Sepanjang Pegiat Literasi mengambil kisahnya dari buku, janganlah khawatir. Pegiat Literasi dapat mengambil sebuah lembaran kosong dan menjiplak / tracing dari buku tersebut. Bagaimana caranya? Pustakawan Mendunia menjelaskan cara menjiplak / tracing di 4 Tips Mudah Membuat Ilustrasi Tokoh Cerita dari Buku.

4. Lanjutkan Kisah Kreatifmu

Lanjutkan Kisah Kreatifmu

Pegiat Literasi dapat memilihkan beberapa pilihan buku dongeng dan mintalah Wali Kelas / orang dewasa lainnya untuk menceritakan kisah itu di depan anak-anak. Tapi ingatkan Wali Kelas untuk tidak membaca kisah itu sampai selesai. Hentikan kisah tersebut di tengah-tengah konflik dan minta anak-anak untuk melanjutkan kisahnya secara kreatif.

Akan lebih menarik jika Pegiat Literasi memilih sebuah kisah baru yang jarang didengar / belum didengar oleh anak-anak. Anak-anak yang imajinatif ini terbukti mengagetkan kami dengan kreatifnya isi tulisan mereka. Lomba ini kami berikan untuk anak-anak dari kelas 3-6 SD.

5. Menulis Ulasan Cerita

Elinte, Fitri, dan Alexandria Pemenang dari Kompetisi Menulis Ulasan Cerita

Lomba Menulis Ulasan Cerita ini untuk anak-anak dari kelas 7-9. Pustakawan Mendunia memilih 3 bab dari buku yang ditulis Andrea Hirata, untuk difoto kopi dan dibagikan kepada anak-anak. Wali Kelas / orang dewasa akan membaca lantang teks yang ada di lembaran foto kopi tersebut. Setelah selesai dibaca, anak-anak diminta untuk menuliskan analisis mereka terhadap teks yang dibaca bersama tersebut.

Tulisan anak-anak bukanlah sekadar menuliskan ringkasan tapi berisi analisis kritis mereka terhadap keadaan zaman now yang dialami di tengah-tengah masyarakat.

6. Membuat Poster Perpustakaan / Ajakan Membaca

Feri Wamuni dengan Poster Perpustakaan yang Dibuatnya

Kami juga mengadakan lomba membuat poster himbauan / ajakan untuk membaca atau mengenai aturan di Perpustakaan dengan tema “Cinta Buku, Cinta Perpustakaan”. Senang sekali melihat ide anak-anak yang kreatif membuat poster yang informatif untuk Perpustakaan. Pustakawan juga bisa menggunakan poster-poster itu untuk menghias Perpustakaan dan Sekolah.

7. Mengundang Narasumber

Berswafoto dengan Narasumber Kita, Master Pendongeng Indonesia, Kak Ariyo di Hang Nadim Airport, Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau, Indonesia

Siapa saja sesungguhnya dapat menjadi narasumber untuk kegiatan talkshow / motivasi yang akan menumbuhkan rasa cinta membaca buku dan perpustakaan. Namun memang seorang tamu yang datang dari luar sekolah akan memberikan ‘angin segar’ untuk anak-anak yang selalu punya rasa ingin tahu yang tinggi.

Jika narasumber tersebut adalah seorang profesional di bidangnya, dan kapasitas sekolah / penyandang dana dapat menunjang, sungguh merupakan suatu berkat. Tapi terkadang, sekalipun punya budget / anggaran, faktor networking / berjejaring sangatlah membantu untuk mengundang narasumber yang berbobot.

Pelaksanaan Pekan Buku di SD kami di Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau pada bulan Maret 2019 ini sungguh mujur dapat mengundang Kak Mochamad Ariyo Farid Zidni atau yang biasa dipanggil Kak Ariyo. Kak Aryo terbang dari Jakarta ke Batam untuk mendongeng, berbagi pengalaman mendongeng dan menulis buku dengan anak-anak.

Sebelumnya, saat pelaksanaan Pekan Buku SD tahun 2018 di Kabupaten Mimika, Propinsi Papua kami juga berhasil mengundang perwakilan dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mimika, Propinsi Papua untuk memberikan sambutan dan motivasi semangat membaca kepada anak-anak. Selain itu, kami mengundang Bapak/Ibu dari Dinas Perpustakaan Kabupaten untuk dapat menyerahkan hadiah pada kategori pemenang “Duta Baca Sekolah”.

8. Memilih Duta Baca Sekolah

Kepada SDM Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mimika sedang Menyematkan Pin Duta Baca Sekolah di SD Kabupaten Mimika, Propinsi Papua

Kami memilih 12 Duta Baca di SD di Kabupaten Mimika, Propinsi Papua dari kelas 1 – 9. Penilaian dilakukan dari jumlah kunjungan ke perpustakaan dan buku yang dibaca selama satu bulan. Sebelum pemenang duta baca ini diumumkan, kami menyampaikan makna penting keberadaan Duta Baca di sekolah.

Selain memperoleh hadiah buku, 12 Duta Baca ini mendapatkan sebuah pin istimewa yang disematkan khusus oleh Kepala SDM Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mimika, Propinsi Papua. Anak-anak begitu senang, dan malah ada Nopenus yang sampai menitikkan air mata. Nopenus tidak menyangka, bahwa rajin datang ke Perpustakaan dan senang membaca buku, ternyata bisa begitu istimewa.

9. Membuka Pameran / Bazaar Buku

Buku dari Bazaar / Pameran di Acara Pekan Buku SD Kota Batam, Propinsi Kepulauan Riau

Pegiat Literasi percaya dirilah untuk menghubungi Toko Buku dan mengundang mereka untuk hadir membuka pameran / bazaar buku di sekolah. Sesungguhnya Toko Buku sangat menyambut baik kesempatan untuk mereka meningkatkan penjualan. Pegiat Literasi juga bisa meminta Toko Buku memberikan sponsor hadiah untuk anak-anak yang memenangkan kategori lomba tertentu.

Pegiat Literasi dapat datang ke toko buku terdekat dan menanyakan kemungkinan untuk melakukan kerjasama. Pegiat Literasi juga dapat memberikan informasi kira-kira buku-buku dengan topik apa saja yang digemari anak-anak untuk dibaca. Sehingga perayaan pekan buku, literasi, dan perpustakaan bisa terlaksana dengan meriah.

Cinta Buku, Cinta Perpustakaan

Demikian 9 tips dan ide kreatif untuk pelaksanaan kegiatan pekan buku, literasi, dan perpustakaan sudah pernah dilakukan dibantu dengan dukungan Kepala Sekolah, Yayasan, dan guru-guru yang luar biasa. Pegiat Literasi dapat melihat manakah yang sekiranya bisa dilakukan di perpustakaan kita dan dukungan dari Kepala Sekolah sangatlah penting untuk terlaksananya kegiatan ini dengan baik.

Apakah Pegiat Literasi mampu untuk melaksanakannya? Niscaya dengan itikad baik, kita dimampukan, didukung oleh si Pencipta segala sumber, Tuhan Yang Maha Kuasa! Tulisan ini bukanlah cuma sekadar teori, tapi sudah terlaksana dan berdasarkan pengalaman kerja Pustakawan Mendunia

baik di Propinsi Papua dan Kepulauan Riau.

Tuhan yang memberkati pekerjaan kita untuk menumbuhkan rasa cinta buku, literasi, dan perpustakaan untuk generasi masa depan kita yang cerdas dan berdaya. Sungguh Pustakawan Mendunia sangat bersuka cita melihat atensi anak-anak yang selalu antusias dalam pelaksanaan Pekan Buku, Literasi dan Perpustakaan di sekolah, baik di Kabupaten Mimika dan Kota Batam.

Sekiranya tulisan ini dapat bermanfaat dan menginspirasi untuk kita semua.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

  Subscribe  
Notify of
%d blogger menyukai ini: